Persiapan Jelang Ramadhan, Yuk Perbaiki Amal Ibadah Pelan-Pelan Dari Sekarang

Tak terasa Ramadan tiba sebentar lagi. Dalam salah satu bulan suci ini, biasanya umat Islam giat mendulang pahala lewat beragam amalan ibadah. Dari memenuhi sholat lima waktu, hingga memperbanyak membaca Al Quran yang kini juga bisa dilakukan secara online.

Namun, ada baiknya meningkatkan amal ibadah ini dilatih pelan-pelan dari sekarang. Sebab, kesibukan yang padat, kadang membuat ibadah jadi terabaikan, sehingga saat Ramadan tiba seolah tiada persiapan. Imbasnya, amalan di bulan suci itu pun banyak yang tak maksimal dilaksanakan.

Mumpung masih ada waktu untuk membenahi diri, yuk tingkatkan kembali amal ibadah jelang Ramadan dengan beragam cara berikut ini.

Perbaiki Sholat Jika Masih Sering Bolong-Bolong

Sholat wajib lima waktu menjadi rukun Islam kedua yang harus dilakukan oleh umat Muslim. Meski bagi sebagian orang, ibadah wajib ini bisa dijalankan dengan mudah, tapi bagi sebagian yang lain cukup susah memenuhinya. Terutama karena kurang update soal jadwal sholat.

Padahal kini sudah tersedia jadwal sholat lengkap yang bisa dicek kapan saja secara online. Tinggal niatkan tekad untuk memperbaiki sholat, agar tak lagi sampai bolong-bolong. Dengan begitu, saat Ramadan tiba, bisa kembali terbiasa menunaikan ibadah wajib ini. Apalah arti puasa Ramadan, jika sholat lima waktu yang sama-sama wajibnya diabaikan?

Ingat Kembali, Barangkali Ada Utang Puasa

Puasa Ramadan bersifat wajib, sehingga apabila tahun lalu masih ada utang puasa, karena beragam kendala, maka harus melunasinya terlebih dulu. Cobalah ingat kembali, kira-kira berapa kali tak puasa di bulan Ramadan kemarin? Syukurlah jika memang tak ada, tapi jika memiliki utang puasa, sekarang inilah waktu tepat untuk membayarnya.

Damaikan Hati dengan Membaca Al Quran

Membaca Al Quran memiliki pahala yang amat besar. Menariknya membaca Al Quran ini juga bisa mendamaikan hati. Hal ini sebagaimana firman Allah SWT dalam QS Ar-Ra’du: 28, “(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah SWT. Ingatlah, hanya dengan Allah-lah hati menjadi tenteram.”

Latihlah diri agar terbiasa membaca Al Quran dari sekarang. Dengan begitu saat Ramadan nanti bisa lebih lancar, bahkan target untuk khatam pun tak menutup kemungkinan bisa tercapai.

Jangan Lupa Bersedekah

Selain hubungan kepada Allah SWT, umat Islam juga diwajibkan untuk menjalin hubungan kepada sesamanya. Hal ini bisa diimplementasikan dengan bersedekah. Di bulan Ramadan pahala sedekah akan ditingkatkan berkali-kali lipat jumlahnya, sehingga biar terbiasa melakukannya mulailah untuk aktif bersedekah dari sekarang.

Menariknya, bersedekah kini bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja secara online. Salah satunya lewat Tokopedia Salam. Selain memenuhi semua kebutuhan yang #BaikDanHalal bagi umat Muslim, seperti perlengkapan ibadah, fashion muslim, makanan halal, hingga kecantikan halal, di Tokopedia Salam siapapun bisa melakukan donasi, wakaf hingga membayar zakat maal.

Selain itu, cek jadwal sholat hingga baca Al Quran secara online kini juga bisa dilakukan di Tokopedia Salam. Dengan kemudahan tersebut, beragam amal ibadah dapat dilakukan lebih mudah, sehingga Ramadan nanti tiba benar-benar bisa menyambutnya secara lahir dan batin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *