Ketahui 5 Penyebab Nyeri Sendi Lutut untuk Dapatkan Solusinya

Anda sering mengalami nyeri atau sakit pada bagian lutut? Tentu rasanya sangat tidak enak. Sebelum mencari solusinya, Anda harus cari tahu kenapa bisa nyeri sendi lutut terjadi. Dengan menemukan penyebab, maka akan lebih mudah menemukan solusi yang sesuai.

 

Patut Anda ketahui bahwa nyeri lutut bukan terjadi pada orangtua saja, bahkan banyak kaum muda yang juga mengalaminya. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama oleh cedera dan penyakit. Ketahui dahulu sebabnya, kemudian bisa mencari cari pengobatannya yang sesuai.

 

Penyebab Nyeri Sendi Lutut yang Sering Terjadi

Bagi Anda yang sering mengalami nyeri pada bagian sendi lutut, tentu tidak bisa membiarkannya begitu saja. Perlu untuk mencari cara agar bisa mengobati sakit tersebut agar tidak berkepanjangan. Sebelumnya, ketahui dahulu penyebab nyeri sendi lutut berikut ini:

 

1. Cedera pada Bagian Ligamen Lutut

Salah satu penyebab yang sering membuat sendi lutut nyeri adalah terjadinya cedera pada bagian ligamen lutut atau lebih dikenal dengan lutut terkilir. Cedera ini sering terjadi ketika berolahraga atau terjatuh.

 

Kasus ini sangat sering terjadi di Indonesia. Tercatat setidaknya terjadi 150 ribu kasus lutut terkilir di Indonesia setiap tahunnya. Untuk menanganinya bisa dirawat sendiri atau untuk cedera parah bisa meminta bantuan ahli. Jangka waktu sembuh bisa dalam hitungan hari atau minggu, tergantung tingkat keparahannya.

 

2. Dislokasi Tulang Tempurung Lutut

Ketika Anda hendak mencoba melakukan pengobatan terhadap sakit pada bagian sendi lutut, maka harus cari tahu kenapa bisa nyeri sendi lutut. Nah, salah satu penyebabnya adalah dislokasi lutut. Hal ini terjadi ketika tiga tulang lutut keluar dari tempatnya dan tidak sejajar atau disebut juga lutut terkilir.

 

Ini sangat menyakitkan dan bisa menyebabkan area lain di sekitar lutut ikut rusak. Untuk perawatannya harus dilakukan di rumah sakit dengan penanganan medis secepatnya. Melakukan relokasi harus dilakukan secepat mungkin kemudian diikuti dengan perawatan lanjutan yang harus dilakukan dalam jangka panjang.

 

3. Infeksi pada Lutut

Infeksi pada bagian sendi lutut juga bisa menjadi penyebab nyeri lutut berkepanjangan. Bukan hanya lutut, infeksi yang disebut septic arthritis ini juga bisa menyerang pinggul. Umumnya, terjadi pada bayi atau lansia.

 

Pengobatannya memerlukan bantuan dokter dan obat-obatan antibiotik dengan pengeringan cairan sendi. Antibiotik akan mencegah penyebaran bakteri sedangkan pengeringan cairan sendi dilakukan untuk membersihkan infeksi hingga tuntas.

 

4. Penyakit Rematik

Rematik juga menjadi salah satu penyebab terjadinya nyeri pada sendi. Jika sudah mengalami peradangan ini akan memerlukan pengobatan berkesinambungan. Seiring berjalannya waktu, rematik dapat menyebabkan terjadi erosi tulang dan bisa menghancurkan jaringan persendian. Akhirnya akan menyebabkan kerusakan total dan kelumpuhan.

 

Penyakit ini sulit disembuhkan, tapi penderita bisa melakukan pengobatan untuk mengurangi peradangan sendi dan rasa nyeri. Selain itu, obat-obatan juga akan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi.

 

5. Penyakit Asam Urat

Penderita asam urat atau artritis gout juga seringkali mengalami nyeri pada sendi lutut. Hal ini dikarenakan kadar asam urat dalam darah yang terlalu tinggi sehingga menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri pada bagian sendi, terutama lutut.

 

Untuk mengobatinya, Anda perlu mengonsumsi obat asam urat dan senantiasa menjaga kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, mengurangi berat badan, menjalankan pola hidup sehat, dan sering berolahraga juga dapat membantu.

 

Dengan cari tahu kenapa bisa nyeri sendi lutut Anda akan bisa menyesuaikan pengobatan yang dilakukan. Sebab pengobatan yang salah akan membuat proses penyembuhan tidak akan berjalan dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *