Kelebihan Membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat

Hari Jumat sebagai hari yang spesial untuk Umat Islam. Beberapa ibadah tertentu bahkan disarankan secara khusus supaya dilaksanakan pada hari Jumat. Satu diantaranya ialah membaca Surat Al Kahfi.
Surat Al Kahfi ialah surat yang ke 18 dalam Al-Qur’an dan terhitung ke kelompok surat Makkiyah. Karena, Surat Al Kahfi di turunkan di Kota Makkah. Sesuai sabda Rasulullah SAW, keutaman membaca Surat Al Kahfi di hari Jumat atau malam Jumat mempunyai beberapa kelebihan yang luar biasa untuk Umat Islam.

Kelebihan Membaca Surat Al Kahfi pada hari Jumat

Beberapa ulama mengatakan jika tidak ada perbedaannya membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat. Siapa saja Umat Islam yang membaca Surat Al Kahfi saat malam Jumat atau hari Jumat maka mendapatkan keistimewaan sebagai berikut ini:

1. Memperoleh Ridho dari Allah Swt dan Dicahayai Cahaya

Membaca Surat Al Kahfi bisa dekatkan kita pada ridho Allah dan memperoleh cahaya keberkahan dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Seperti diriwayatkan dalam sebuah hadist kalau Rasullullah SAW bersabda:

Siapa yang membaca Surat Al Kahfi, maka jadilah baginya cahaya dari kepala hingga kakinya, dan siapa yang membaca keseluruhannya maka jadilah baginya cahaya antara langit dan bumi.
(HR Ahmad).

Barangsiapa membaca Surat Al Kahfi pada malam Jumat, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul ‘atiq.
(Sunan Ad-Darimi, no. 3273. Juga diriwayatkan al-Nasai dan Al-Hakim serta dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih al-Targhib wa al-Tarhib, no. 736)

2. Terhindar dari fitnah Dajjal

Sama dalam hadist di atas, sesungguhnya Rasululullah bersabda:

Siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jum’at, maka akan memancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak pada hari kiamat, dan diampuni dosanya antara dua jumat.
(HR. Abu Bakr bin Mardawaih).

Kita kenali sesungguhnya Dajjal sebagai pertanda dari hadirnya hari kiamat. Dan fitnah Dajjal sangat kejam dan bisa bawa kita ke kesesatan dan masuk ke penghuni neraka. Namun, bila kita teratur membaca surat Al-Kahfi, maka dapat mencegah kita dalam perangkap fitnah Dajjal.

3.Terbebas dari Bujukan Setan

Membaca Surat Al Kahfi bisa membuat seorang muslim terbebas dari bujukan setan yang laknat. Setan sebagai lawan paling besar manusia akan menghancurkan iman dan mengaajak manusia ke jalan yang menyimpang.

4. Sebagai Pengingat Hari Akhir

Hari Akhir atau yang umum diketahui dengan Hari Kiamat oleh Umat Islam tentu akan tiba satu hari kelak. Hal itu juga diterangkan dalam Surat Al Kahfi ayat 47. Oleh karenanya, dengan membaca Surat Al Kahfi secara tidak langsung mengingatkan ke kita akan hadirnya Hari Kiamat.
Nah itu beberapa kelebihan yang didapatkan waktu kamu rajin membaca Surat Al Kahfi. Walau ibadah ini benar-benar disarankan untuk dikerjakan di hari Jumat, membaca surat Al Kahfi dengan teratur pada hari lain akan membuat kamu rasakan beberapa kelebihannya.
Selainnya 4 hal di atas, membaca Surat Al Kahfi akan membuat kamu memperoleh Ridha dari Allah SWT lho. Tunggu apa lagi? Yok mulai rutinkan membaca Surat Al Kahfi!

sumber : https://kumparan.com/berita-terkini/keutamaan-surat-al-kah…am-jumat-1ubWwU4KSXH

http://dalamislam.com/landasan-agama/al-quran/keutamaan-surat-al-kahfi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *