Mengenal USB 3, Teknologi yang Menggantikan USB 2.0

Universal Serial Bus atau USB adalah teknologi yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat, contohnya Printer yang terhubung ke Komputer atau charger yang terhubung ke ponsel. USB merupakan konektor yang paling sering dijumpai pada perangkat elektronik seperti Laptop, Charger, DVD player dan masih banyak lagi. Mengenal USB 3 merupakan pengetahuan tambahan untuk melek teknologi.

Sejarah Singkat USB

Di lansir dari situs metro andalas kami akan berbagi sedikit sejarah dari kedua versi USB. USB 2.0 dirilis pada tahun 2000 dan dikenal sebagai High-speed, sedangkan USB 3 dikenal sebagai Super-speed karena kamampuannya dalam transfer data yang sangat cepat. Saat ini USB 3 memiliki tiga generasi yaitu USB 3.0 dirilis pada bulan November tahun 2008, USB 3.1 dirilis pada bulan Juli 2013 dan USB 3.2 yang dirilis pada bulan September 2017. Ada 7 perusahan besar yang mengembangkan teknologi USB yaitu Nortel, NEC, Microsoft, Intel, IBM, DEC dan Compaq.

Saat ini, Motherboard yang digunakan pada komputer maupun laptop keluaran terbaru sudah mulai meninggalkan USB 2.0 dan beralih ke USB 3 sebagai penghubung antar perangkat, hal ini dikarenakan USB 3 memiliki kemampuan yang lebih baik.

Dibawah ini penjelasan perbedaan dari USB 2.0 dan USB 3.

Kecepatan Transfer

USB 3 mempunyai kecepatan 10X lipat jika dibandingkan dengan USB 2.0. Dibawah ini adalah tabel perbedaan kecepatan dari masing-masing USB.

Versi Kecepatan
USB 2.0 480 Mbit/s
USB 3.0 5 Gbit/s
USB 3.1 10 Gbit/s
USB 3.2 20 Gbit/s
  • Metode Transfer

Selain kecepatan, kedua USB ini juga mempunyai perbedaan dalam metode transfer data. USB 2.0 menggunakan metode transfer satu arah atau disebut half-duplex, sedangkan USB 3 menggunakan metode dua arah atau full-duplex, dengan metode ini USB 3 dapat mengirim dan menerima dalam waktu yang bersamaan.

Bentuk Fisik

Jika dilihat dari bentuk fisik, kedua USB sekilas terlihat sama. Yang membedakan keduanya yaitu warna dari masing – masing port tersebut. USB 2.0 umunya berwarna hitam atau silver, sedangkan USB 3 berwarna Biru dan ada tambahan logo SS (Super Speed).

  • Tegangan

Menggunakan USB 3 membuat baterai laptop menjadi lebih hemat. hal ini dikarenakan USB 3.0 memiliki tegangan yang lebih rendah yaitu 4.0V dan arus ditingkatkan menjadi 150mA, sedangkan USB 2.0 memiliki tegangan yang lebih besar yaitu 4.4V.

  • Kabel

USB 2.0 memiliki 4 jalur kabel, sedangkan USB 3 memiliki lebih banyak yaitu 9 jalur kabel. Jika dilihat perbandingannya, USB 3 memiliki banyak keunggulan dibandingkan USB 2.0, akan tetapi USB 3 juga memiliki kekurangan yaitu panjang kabel maksimal 3 meter saja, sedangkan pada USB 2.0 memiliki kabel dengan panjang maksimal 5 meter.

Mencoba USB 3 Dipasang pada Port USB 2.0 atau Sebaliknya?

Disini saya menggunakan flashdisk sebagai contoh. Sebuah Flashdisk yang menggunakan USB 3 tetap bisa dipasang pada port USB 2.0 tapi kecepatan transfer datanya akan turun mengikuti USB 2.0, dan flashdisk yang menggunakan USB 2.0 jika dipasang pada port USB 3 kecepatan transfer datanya tidak akan naik dan tetap mengikuti kecepatan flashdisk tersebut.

USB 3 memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan USB 2.0, apalagi dalam hal kecepatan yang sangat membantu dalam mentransfer file – file dengan ukuran besar seperti Film, Software dan game yang saat ini yang mencapai ratusan GB. Jika kamu berencana membeli sebuah laptop, saya menyarankan kamu untuk memastikan bahwa laptop tersebut memiliki USB 3.

Itulah penjelasan mengenai teknologi USB 3 dan Usb 2.0. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan untuk pembacanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *