Apa Saja Sebab Terkena Sakit DBD?

Musim hujan yang sedang melanda akhir-akhir ini tentunya mengharuskan Anda lebih waspada untuk mencegah segala jenis penyakit, termasuk Demam Berdarah. Jangan lupa juga mengenali beberapa sebab terkena sakit DBD dimana kebanyakan justru dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan.

Beberapa Sebab Terkena Sakit DBD

Salah satu penyakit yang memang sering ditakuti oleh banyak orang khususnya para orang tua yaitu DBD. Setiap tahun, gangguan kesehatan ini selalu merenggut nyawa baik dari anak-anak maupun dewasa. Berikut beberapa penyebab dari demam berdarah:

  1. Bak Mandi Jarang Dikuras

Masih banyak orang lupa akan pentingnya menguras bak mandi. Jadi perlu diingat bahwa telur nyamuk betina ini mudah sekali menempel pada dinding-dindingnya terutama jika keadaan air masih kotor. Tentunya larva yang berhasil menetas berubah menjadi dewasa dan berkembang biak dengan lancar.

Menguras bak mandi bisa Anda lakukan secara berkala misalnya satu minggu sekali. Hal ini merupakan langkah efektif dalam memutus siklus hidup nyamuk penyebab DBD yaitu Aedes aegypti. Jangan lupa untuk menaburkan obate sebagai obat tabur pembasmi telur nyamuk.

  1. Banyak Air Menggenang dan Tidak Terurus

Tidak hanya senang berkembang biak di kamar mandi, nyamuk jenis Aedes aegypti ini juga senang bertelur di genangan air daam wadah. Misalnya di baskom, vas bunga, ember, ban bekas berisikan air huan atau lainnya. Jadi cara pencegahannya yaitu dengan memastikan jika genangan selalu dibuang.

Anda bisa membersihkan vas bunga ini secara berkala setidaknnya seminggu sekali. Pastikan juga jika di dalam rumah atau pekarangan sudah tidak ada wadah berisikan air yang menggenang selama berhari-hari. Tutuplah rapat-rapat apabila harus menyimpannya di dalam ember atau baskom.

  1. Jarang Menggunakan Lotion Anti Nyamuk

Bagi orang yang sering lupa, tentunya menghiraukan pentingnya penggunaan lotion anti nyamuk ini. Mereka memilih untuk tidak menggunakan daripada harus meluangkan waktu saat mengoleskan sedikit ke kulit. Sayangnya hal ini menjadi alasan mengapa hewan-hewan ini akhirnya datang dan menggigit.

Mengoleskan lotion anti nyamuk bisa Anda jadikan sebagai salah satu cara melindungi diri dari gigitan nyamuk Aedes aegypti. Oleskan pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian terutama jika sedang beraktivitas di luar rumah.

  1. Tidak Menggunakan Kelambu dalam Kamar

Penggunaan kelambu di dalam kamar nyatanya juga membantu Anda terlindungi dari gigitan nyamuk. Khususnya jika memiliki anak yang masih bayi dan anak-anak dimana kasur mereka harus dilapisi kembali agar tidak digigit hewan penyebab penyakit DBD tersebut.

Anda bisa memasang kelambu ini di sekeliling ranjang anak. Cara yang lain dapat dicoba yakni dengan meletakkan kasa pada setiap jendela dan lubang ventilasi di rumah sehingga mampu mencegah nyamuk masuk ke dalam kamar.

  1. Menumpuk Banyak Baju

Bagi Anda yang terbiasa menumpuk dan menggantung banyak baju sekaligus, nyatanya kebiasaan ini juga menjadi salah satu cara untuk menarik nyamuk selalu datang. Mereka akan mudah sekali bersarang pada tempat-tempat seperti ini.

Nyamuk memang suka sekali dengan tempat yang kotor, begitu pun baju Anda yang masih tergantung dan tidak langsung dicuci. Jadi alangkah lebih baik apabila meletakkan dan menatanya ke dalam lemari.

Itulah tadi kelima sebab terkena sakit DBDyang sering diabaikan oleh banyak orang. Anda perlu melakukan langkah antisipasi untuk mencegah penyakit ini datang terutama pada saat musim hujan seperti ini dimana nyamuk-nyamuk mudah sekali berkembang biak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *