Sedang terpikat dengan kaktus mini? Tanaman hias yang satu ini memang cocok untuk memperindah ruangan, terutama jika kamar atau kantor Anda tak terlalu luas. Anda bisa meletakkannya di meja atau rak sudut.

Kalau suka kaktus hias indoor, tentunya Anda harus tahu perawatan yang tepat untuk tanaman gurun ini. Perlu diketahui, cara merawat kaktus hias indoor sedikit berbeda jika dibandingkan dengan kaktus hias yang ditanam di luar ruangan.

Berikut ini beberapa tips dalam merawat kaktus hias indoor yang bisa Anda terapkan.

1. Pakai Media Tanam yang Tepat

Cara merawat kaktus hias di dalam ruangan yang pertama dapat dengan menggunakan beberapa buah kerikil yang digunakan sebagai bagian dasar pada pot kaktus. Hal ini dimaksudkan agar pot memiliki sistem drainase yang baik. Setelah diberi kerikil pada bagian bawahnya, lalu Anda bisa memasukkan media tanam yang memiliki komposisi berupa tanah, pasir kasar, serta serbuk arang. Penggunaan serbuk arang dimaksudkan, karena sifatnya yang berongga dan terbuka. Hal tersebut akan membantu kaktus untuk mempertahankan kesehatannya.

Selanjutnya, agar kondisi dari kaktus hias dapat terjaga kesehatannya, maka Anda bisa menambahkan sedikit tepung tulang dan serbuk kapur, karena dalam tepung tulang terdapat zat fosfor yang memiliki khasiat dalam memperkuat fisik pada kaktus. Lalu, adanya serbuk kapur akan membantu dalam mengurangi kadar asam yang ada di dalam media tanam.

2. Jangan Sering Disiram

Jenis tanaman kaktus memang pada dasarnya memiliki simpanan persediaan air yang terdapat dalam batangnya. Akar dari kaktus tersebut sistemnya juga cukup sederhana dan memiliki jumlah akar yang sedikit. Hal tersebut yang menyebabkan kaktus justru tidak dapat menyerap jumlah kelembapan yang terlalu tinggi.

Maka dari itu, jangan terlalu banyak memberikan asupan air pada kaktus, karena justru menyebabkan kaktus menjadi cepat busuk dan mati. Untuk melakukan penyiraman cukup lakukan sebanyak satu kali dalam periode dua minggu.

3. Letakkan di Tempat Kering

Kaktus memiliki habitat yaitu pada lingkungan yang cukup kering. Itulah sebabnya, jika kaktus diletakkan pada lokasi yang memiliki tingkat kelembapan tinggi, justru akan menghambat proses pertumbuhan dari kaktus tersebut. Jadi sebisa mungkin untuk meletakkan kaktus pada tempat yang memiliki kondisi suhu yang kering, mengingat di dalam ruangan biasanya memiliki kondisi kelembapan yang cukup tinggi.

4. Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Sewajarnya tanaman, memang membutuhkan asupan cahaya matahari agar mampu berkembang dengan baik. Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa meletakkan kaktus di sudut ruangan yang berpotensi terkena sinar matahari langsung. Hal ini jutsru akan berbahaya bagi kaktus hias Anda. Jika dibiarkan, biasanya pada bagian ujung tanaman kaktus hias akan terdapat warna coklat kehitaman sebagai efek dari terbakar karena sinar matahari.

Untuk di dalam ruangan sendiri, Anda bisa meletakkan kaktus di meja dekat jendela namun diberi jarak sekitar 30-60 cm. Hal ini untuk menghindari kaktus untuk terkena cahaya matahari langsung dari jendela. Namun, jika ruangan Anda tidak memiliki pencahayaan yang bagus, maka Anda bisa meletakkan kaktus di meja yang memiliki penerangan baik.

5. Beri Pupuk secara Teratur

Cara ini sebenarnya merupakan cara yang cukup dasar dan seharusnya dipahami jika ingin bercocok tanam, karena memang kebutuhan tanaman akan asupan nutrisi perlu diperhatikan. Pupuk berfungsi dalam memberi nutrisi tersebut untuk kaktus. Jenis pupuk yang bisa digunakan sebenarnya cukup standar, seperti pupuk kompos, pupuk kandang, atau jenis pupuk NPK. Namun, dalam memberi pupuk pada kaktus hias ada baiknya untuk hati-hati, karena jika sembarangan akan merusak bentuk fisik dari kaktus hias tersebut.

Demikian sederet cara merawat kaktus hias indoor. Rawat dengan telaten agar tanaman hias Anda tak sampai mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like