Tips Kesehatan Hari Ini – 4 Cara Mengatasi Sembelit dengan Bahan Alami, Konsumsi Teh Madu Lemon

Berikut ini empat cara mengatasi sembelit dengan bahan bahan alami. Sembelit sangatlah menganggu aktivitas. Sering kali masalah ini juga membuat orang frustasi.

Sembelit terjadi karena kurangnya asupan serat atau dehidrasi pada tubuh. Sebenernya sembelit biasa diatasi dengan cara alami. Buatlah teh dengan menambahkan madu dan lemon ke dalamnya.

Madu adalah obat pencahar dan membantu mengurangi asam teh yang disebabkan oleh lemon. Lemon bertindak sebagai stimulan alami untuk sistem pencernaan dan membantu mengeluarkan racun dari tubuh. Umummnya, pria harus minum setidaknya 3,7 liter cairan dan wanita 2,7 liter per hari.

Ini karena tinja yang keras dan kering adalah penyebab paling umum dari sembelit dan minum air putih yang cukup akan menjaga tubuh terhidrasi. Air dan jus buah sangat tepat untuk mengatasi sembelit. Hindari minuman berkafein dan soda karena itu adalah diuretik.

Alih alih menghidrasi tubuh, mereka justru akan melepaskan lebih banyak cairan dari tubuhmu. Makanan berserat bertindak sebagai pencahar alami. Mereka membantu mempertahankan lebih banyak air dalam tubuh.

Kamu harus makan setidaknya 20 35 gram serat dalam makanan sehari hari untuk memperlancar pencernaanmu. Sumber makanan yang kaya serat termasuk kubis, apel, ara, sereal gandum, dan kacang hitam. Biji dan kacang kacangan seperti labu, wijen, bunga matahari, atau biji rami juga merupakan sumber serat yang baik.

Namun, kata hati hati jangan makan biji rami jika kamu menderita gangguan pendarahan, penyumbatan usus, atau tekanan darah tinggi. Ibu hamil dan menyusui juga sebaiknya menghindari biji rami. Meskipun disarankan untuk menjauhi produk susu jika menderita sembelit, yogurt adalah pengecualian.

Yoghurt mengandung probiotik seperti Bifidobacterium longum atau Bifidobacterium animalis. Yang penelitiannya menunjukkan bantuan dalam buang air besar yang lebih sering dan tidak terlalu menyakitkan. Duduk dengan punggung lurus pada suhu 90 derajat ternyata merupakan cara yang salah.

Bagian untuk buang air besar menjadi sempit karena tarikan otot puborectalis. Ini adalah pita otot yang berdering di sekitar ujung usus besar. Ketika paha dan pinggul membentuk sudut 90 derajat, otot ini kencang dan tidak memungkinkan usus terbuka dengan benar.

Cara yang benar untuk duduk adalah bersandar ke depan sehingga tulang belakangmu berada pada sudut sekitar 35 derajat sehubungan dengan paha.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *