Walaupun belum pulih seperti sedia kala, industri pariwisata Indonesia mulai menggeliat kembali. Sejumlah objek wisata sudah mulai beroperasi kembali. Daerah-daerah destinasi wisata pun kembali membuka pintu untuk wisatawan, meskipun dibarengi sederet peraturan ketat.

Berdasarkan hasil riset internal Traveloka (9/3/2021), terkumpul data tentang kecenderungan melancong warga di triwulan pertama 2021 ini.

Setidaknya ada tiga destinasi wisata paling diminati pada awal 2021. Juga, terdapat keterangan aktivitas apa saja yang paling banyak diminati di tempat-tempat tersebut.

Jakarta (30 persen)

Berada di peringkat ketiga, Jakarta jadi salah satu destinasi paling dicari pada awal tahun ini. Meskipun lekat dengan citra Kota Metropolitan, penjelajahan di Jakarta sebenarnya tak semata tertuju pada sightseeing.

Bekas kota benteng ini menjadi tujuan wisata kuliner bercita rasa internasional, juga jajanan lokal yang tak kalah lezat.

Destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna versi Traveloka Xperience antara lain Ancol, Faunaland, Jakarta Aquarium & Safari, Dunia Fantasi, dan J-Sky Ferris Wheel.

Yogyakarta (37 persen)

Pesona tiada akhir Yogyakarta masih jadi magnet bagi wisatawan di awal 2021. Wilayah berslogan “Kota Berhati Nyaman” ini memang sudah lama dikenal menawarkan ragam pengalaman menarik yang bisa disesuaikan dengan gaya perjalanan paling personal.

Destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience antara lain Kidzooona Hartono Mall Yogyakarta, Candi Borobudur, walau ini sebenarnya terletak di Megelang, Jawa Tengah, dan Jogja Bay Waterpark.

Bali (52 persen)

Sejak kembali membuka pintu untuk wisatawan nusantara pada akhir Juli 2020, Bali sudah jadi opsi destinasi populer di masa pandemi COVID-19. Pencarian destinasi paling populer Pulau Dewata di aplikasi Traveloka cukup beragam, seperti pilihan akomodasi, seperti hotel, vila, resor, hingga homestay di area Kuta, Seminyak, Nusa Dua, Canggu, Ungasan dan Ubud.

Lalu, diikuti pilihan penerbangan, aktivitas rekreasi, dan kuliner. Bali juga kerap dipilih sebagai destinasi workation.

Destinasi wisata dan rekreasi paling dicari pengguna Traveloka Xperience antara lain Bali Zoo, Garuda Wisnu Kencana Cultural Park, Waterbom Bali, Toya Devasya Hot Spring Waterpark, dan Reborn Signature Wellness Spa Dewi Sri Bali Massage Treatments.

Wisata Alam Juga Masih menjadi Primadona

Tercatat 72 persen responden yang menyatakan ingin mengunjungi destinasi wisata alam di luar kota tempat tinggal mereka.

Sementara, sisanya menyebut ingin mengunjungi objek wisata, kuliner, serta seni dan budaya di sekitar kota tempat tinggal. Akhir pekan maupun perayaan hari besar juga jadi salah satu favorit, di mana #SmartStaycation, serta pencarian hotel, vila, dan apartemen di luar kota meningkat 15 persen dibanding akhir 2020.

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like