Sepeda Lipat Brompton, Desain elegan dan Body yang Kuat

Belakangan ini, jalan-jalan di ibu kota kembali ramai dengan sepeda, khususnya  sepeda lipat yang sedang populer. Terutama sejak wabah COVID-19. Apalagi tren sepeda lipat semakin naik dengan hadirnya merek sepeda lipat Brompton yang terkenal mempunyai harga yang mahal. Walaupun mahal, sepeda lipat ini sangat diminati. Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan berikut ini.

Sejarah Brompton

Sebelum berbicara lebih jauh mengenai harga dan desain dari sepeda lipat ini, apakah Anda sudah tahu merek ini berasal dari mana? Brompton adalah produsen sepeda lipat dan aksesoris yang berbasis di Greenford, London, Inggris. Andrew Ritchie, pendiri Brompton, mulai merancang sepeda lipat ini pada tahun 1975 di apartemennya di Brompton Oratory, London.

Desain sepeda Brompton pertama kali diperkenalkan pada tahun 1977 dan masih terlihat kaku tetapi sudah dapat dilipat dengan rapi menjadi ukuran yang lebih kecil. Ini adalah kemajuan pesat dalam industri sepeda lipat. Sejak itu, sepeda Brompton dikenal sebagai salah satu pelopor sepeda lipat terbaik di dunia.

Pada saat itu, desain sepeda Brompton masih cukup kasar, tetapi lipatannya rapi, nyaman, dan sederhana. Kemudian, sepeda lipat ini menemukan desain terbaiknya dan menjadi merek global pada tahun 2011. Jenius desain sepeda lipat bahkan dihargai sekarang. Desain sepeda Brompton sekarang tidak jauh berbeda dengan desain asli Andrew Ritchie pada tahun 1975.

Desain Sepeda Lipat dari Brompton

Sepeda lipat dari Brompton mempunyai desain yang  stylish dan simple. Brompton didesain dengan bentuk mulus yang sangat minim dengan lekukan, sehingga dapat digunakan oleh semua orang, baik itu pria maupun wanita, dari anak-anak hingga orang dewasa. Desain sepeda yang elegan ini dapat Anda kombinasikan dengan gaya pakaian apapun.

Desainnya juga sedikit lebih ringkas. Mereka menggunakan setiap bagian dari sepeda yang bisa dilipat menjadi sekecil mungkin. Berkat dimensi ukurannya, Anda tidak perlu khawatir mencari tempat untuk menyimpan. Baik itu dibawa bepergian. Terutama jika sudah ada tas, khususnya, yang memungkinkan Anda untuk membawanya ke mana-mana.

Bentuk Sepeda Lipat dari Brompton

Semua model sepeda lipat dari Brompton memiliki frame dengan karakteristik lengkungan yang sama. Frame ini terdiri dari tabung utama yang mempunyai engsel, poros belakang yang bisa diputar, garpu depan dan stang yang berengsel juga. Batang utama dan tabung terbuat dari baja pada semua model sepeda lipat dari brompton.

Brompton menawarkan empat roda gigi untuk dipilih berdasarkan kondisi jalan yang akan Anda lewati. Ukuran roda gigi ini diwakili oleh nomor kode simbol pada nomor seri sepeda. Sebagai contoh, model S6L berarti bahwa model ini dilengkapi dengan gear 6 percepatan. Adapun pilihan gear lainnya antara lain : 1-speed, 2- speed, 3- speed dan juga 6- speed.

Brompton juga menawarkan berbagai jenis stang, dan masing-masing jenis memberikan pengalaman bersepeda yang berbeda. Jenis setang ini dapat disesuaikan dengan gaya mengemudi pilihan Anda. Jenis stang pada sepeda lipat dari Brompton seperti berikut ini : S-type, M- type, H- type dan juga P- type.

Bahan Frame yang Kuat

Untuk tetap menjaga setiap kualitas produk dan agar berat sepeda tetap ringan, Brompton hanya menggunakan dua bahan. Yang pertama adalah baja yang digunakan di stang dan rangka pada hampir semua jenis sepeda Brompton untuk memastikan kekuatan maksimum. Bahan kedua yang digunakan adalah titanium yang super ringan.

Bahan ini digunakan untuk menggantikan baja pada segitiga belakang, garpu depan dan penahan lumpur, sehingga membuat sepeda 1 kg lebih ringan dari model baja biasa. Bobot yang ringan tentu saja merupakan pilihan tepat bagi Anda yang ingin membawa sepeda lipat saat bepergian dengan kendaraan umum.

Untuk harganya sendiri, sepeda lipat Brompton mempunyai harga yang bervariatif, tergantung model, gear percepatan yang digunakan dan juga model stang yang dipakai. Harga dari sepeda Brompton paling murah di Indonesia, sekitar Rp13,9 juta, sedangkan yang termahal berada di kisaran Rp83,95 juta.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *