Bisnis

PLN Beri Tegangan Pertama menuju Tiga Proyek Kelistrikan Ibu Kota Makin Terang

PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB) melangsungkan pemberian tegangan pertama (energize) pada tiga proyek kelistrikan. Ketiga proyek tersebut di antaranya GIS (Gas Insulated Switchgear) 150 kV Kandang Sapi Extension Bay Line Plumpang 1 dan Bay Line Harapan Indah 1, SKTT (Saluran Kabel Tegangan Tinggi) 150 kV Plumpang Kandang Sapi Sirkit 1. Kemudian SUTT (Saluran Udara Tegangan Tinggi) 150 kV Kandang Sapi Incomer arah Harapan Indah Sirkit 1.

General Manager PLN UIP JBB Ratnasari Sjamsuddin menjelaskan setelah tiga proyek ini bertegangan, artinya masyarakat dan industri di area Jakarta dan sekitarnya dapat menikmati listrik yang makin andal. “Proyek proyek ini dinyatakan resmi bertegangan pada tanggal 12 Desember 2020 pukul 24.00, kemudian pada 13 Desember 2020 dilakukan uji pembebanan SKTT 150 kV Plumpang Kandang Sapi Sirkit 1 setelah dilakukan pemanasan selama 1 x 24 jam,” kata Ratnasari, Selasa (15/12/2020). Dia melanjutkan, dengan terus berprogresnya proyek proyek infrastruktur kelistrikan, ini menunjukkan besarnya komitmen PLN UIP JBB untuk terus menyediakan listrik terbaik.

“Pandemi memang belum berakhir, namun perjuangan kami tidak kemudian berhenti,” tukasnya. GIS 150 kV Kandang Sapi Extension terdiri dari 2 Line Bay arah GI (Gardu Induk) 150 kV Plumpang melalui SKTT 2 x 1000 mmsq (milimeter square), 2 Line Bay arah GIS 150 kV Harapan Indah melalui SUTT 150 kV eksisting dan 2 bus section yang menghubungkan dengan GIS 150 kV Kandang Sapi Eksisting. GIS 150 kV Kandang Sapi memiliki peran penting bagi Sub Sistem Priok Bekasi karena menjadi penghubung antara PLTGU (Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap) Tanjung Priok dengan GITET (Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi) 500 kV Bekasi.

GIS 150 kV Kandang Sapi Extension dibangun untuk menggantikan dan meningkatkan kapasitas penyaluran dari GIS 150 kV Kandang Sapi Eksisting. Adapun penyaluran listrik ke sisi pelanggan tetap melalui GIS 150 kV Kandang Sapi Eksisting. Sementara itu, SKTT 150 kV Plumpang Kandang Sapi dibangun dengan tujuan untuk menggantikan SUTT 150 kV Plumpang Kandang Sapi/ Harapan Indah yang mana tapak tower SUTT tersebut akan dibangun SUTET 500 kV Tanjung Priok Muaratawar.

Sebagai wilayah yang menyandang predikat paling sibuk di Indonesia, Jakarta membutuhkan pasokan listrik yang terus mengalir setiap saat. Listrik yang andal dapat terus mendukung kehidupan di Ibukota Negara ini terus bergerak ke arah yang lebih baik. “Kami tidak kenal henti membangun kelistrikan yang andal untuk selurug lapisan masyarakat,” imbuh Ratnasari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *