Bisnis

Platform Digital Jadi Solusi Pemilik Toko Kelontong buat Berkembang

Pandemi yang terjadi mendorong masyarakat untuk cepat beradaptasi, tak terkecuali para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Di tengah kondisi ini, pelaku UMKM seperti para pemilik warung atau toko kelontong pun dituntut untuk menguasai teknologi digital agar tetap dapat mempertahankan bisnis yang dijalani serta membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari hari. Dapat menjangkau masyarakat hingga ke pemukiman yang terpencil sekalipun, membuat para pelaku UMKM memiliki peran yang besar di masyarakat terlebih ditengah penerapan kebijakan pembatasan sosial seperti saat ini.

Disamping dapat membantu masyarakat, dengan memanfaatkan platform digital, para pemilik toko kelontong pun dapat merasakan manfaat lain untuk perkembangan operasional bisnisnya, diantaranya sebagai berikut. Sebelum pandemi terjadi, biasanya para pedagang warung harus berkeliling untuk mendapatkan harga grosir termurah dari barang yang akan dijual, bahkan tak jarang harga dari agen pun tidak stabil karena bisa naik ataupun turun sewaktu waktu. Nah, dengan memanfaatkan platform digital, kini para pedagang warung tidak perlu lagi khawatir karena memiliki kesempatan untuk memperoleh harga terbaik dan termurah langsung dari produsen produk. Apalagi pastinya akan banyak diskon dan voucher yang bisa didapatkan.

Selain mendapatkan harga produk yang lebih stabil, para pedagang warung pun jadi lebih menghemat biaya dan waktu operasional karena dengan platform digital para pelaku UMKM bisa memenuhi stok barang hanya dengan mengakses aplikasi di ponsel sehingga tidak perlu menutup warung. Anda bisa memanfaatkan aplikasi Sahabat Warung untuk memastikan supply barang tetap terjaga. Aplikasi berbasis android yang diluncurkan Unilever ini menjadi bentuk dukungan Unilever untuk membantu para pedagang warung membeli produk Unilever secara online, kapanpun atau dimanapun dengan mudah, tanpa banyak perantara sehingga bisa memangkas distribusi. Dengan akses ke lebih dari 500 produk berkualitas dari berbagai merek dari Unilever, serta promosi yang diperbarui secara cepat, para pedagang warung pun terbantu untuk menjual produk dengan margin yang lebih tinggi. Terlebih, produk produk Unilever memang menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

Disamping itu pula, melalui aplikasi Sahabat Warung, para pedagang warung juga berkesempatan untuk memperoleh Tambahan modal usaha dari Unilever yang diberikan dalam bentuk e coupon. Baru baru ini Unilever juga mengumumkan kerja sama strategisnya dengan Gojek. Salah satu bentuk kerja samanya adalah melalui GoToko, plaform digital B2B (business to business) yang menghubungkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia dengan perusahaan barang konsumen terkemuka. Dengan menggunakan GoToko, para pemilik warung bisa mengakses rangkaian produk produk kebutuhan sehari hari secara lengkap dari berbagai merek, termasuk Unilever, dengan harga bersaing dan biaya pengiriman yang terjangkau.

“Dalam situasi yang berubah dengan cepat seperti sekarang ini, prioritas kami tetap sama: untuk terus memenuhi kebutuhan harian konsumen kami, dengan memastikan produk produk berkualitas kami selalu tersedia dan mudah didapatkan. Kami berharap kerja sama antar pemimpin bisnis seperti yang kami lakukan akan bisa membantu kita semua bangkit menuju Indonesia yang lebih sehat, sejahtera dan maju,” ungkap Presiden Direktur Unilever Indonesia Hemant Bakshi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *