Perbedaan Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

Sebelum melakukan investasi, tentunya ada beberapa hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu sebelum terjun ke dunia ini. Hal ini bertujuan agar tidak ada kerugian yang beruntun setiap kali. Salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah mengenai bunga investasi yang akan Anda terima. Apakah dalam bentuk bunga tunggal atau majemuk.

Sebenarnya, apa perbedaan kedua bungan ini?

Bunga Tunggal

Bunga tunggal merupakan perhitungan yang didasarkan pada jumlah modal awal. Hitungan ini berdasarkan waktu tertentu dan nilai bunganya selalu tetap.

Biasanya, besar bunga jenis ini telah ditetapkan di awal dan disetujui kedua belah pihak yang bersangkutan. Begitu juga dengan lama waktu yang dilakukan dalam pembungaan modal.

Bunga Majemuk

Bunga majemuk adalah sebuah besaran bunga yang timbul di setiap periode tertentu. Hal ini bisa mempengaruhi besaran modal dan juga pendapatan bunga.

Biasanya, dalam setiap akhir periode tertentu, besar modal dan bunga akan cenderung bertambah.

Perbedaan Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk

Hal yang paling mudah terlihat dari perbedaan antara bunga majemuk dan tungga adalah besaran modal untuk periode berikutnya.

Jika menggunakan bunga majemuk, besaran modal yang Anda tanamkan di awal, akan bertambah dengan sendirinya. Hal ini karena bunga majemuk bisa dikategorikan sebagai bunga berbunga. Sehingga, akan selalu terjadi penambahan modal awal akibat dari bunga yang selalu dikembangkan.

Berbeda halnya dengan bunga tunggal. Yang mana, fluktuatif perkembangan bunga flat atau datar. Tidak ada penambahan apapun yang mempengaruhi modal awal.

Hal lain yang umum terjadi adalah, besaran bunga majemuk biasanya memiliki nilai yang lebih tinggi. Padahal, besaran modal di awal dan periode yang ditentukan sama.

Kesamaan dari bunga ini hanya pada keuntungan yang terus meningkat dari modal awal. Semakin lama periode penanam modal, keuntungan akan meningkat seiring periode tersebut.

Dari kedua perhitungan di atas, Anda tentu dapat menyimpulkan, bahwa bunga majemuk memiliki keuntungan yang lebih tinggi daripada bunga tunggal. Sehingga, jika menemukan investasi yang membuat Anda mendapatkan bunga majemuk, akan ada keuntungan besar yang menanti. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *