Kereta Api Prambanan Ekspres (Prameks) dengan tujuan Solo Yogyakarta resmi digantikan oleh Kereta Rel Listrik (KRL) Solo Yogyakarta PP, pada Rabu (10/2/2021) kemarin. Sehari sebelumnya Selasa (9/2/2021), perjalanan terakhir KA Prameks diwarnai dengan upacara pelepasan dari para pengguna kereta, Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI), serta Direktur Utama Kereta Commuter Indonesia (KCI) di Stasiun Solo Balapan. Upacara tersebut dilakukan sebagai wujud terimakasih setelah 27 tahun KA Prameks melayani para penumpang di lintas Solo Yogyakarta.

Salah seorang penumpang mengabadikan momen tersebut dan videonya menjadi viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @alras13 ini telah ditonton sebanyak 1,4 juta kali serta disukai oleh 131,7 ribu pengguna TikTok. Dalam video memperlihatkan barisan dari kru kereta, serta para penumpang yang melepas kepergian KA Prameks dengan khidmat.

Tak lupa mereka juga melambaikan tangan seiring perginya KA Prameks tersebut. Sang pengunggah juga menuliskan sebuah caption dalam video. "Jadi ini upacara pelepasan Kereta Api Prameks terakhir dari Kota Solo dan akan beroperasi mulai hari ini 9 Februari 2021."

"Sedih yaa setelah 27 tahun beroperasi mengantar perjalanan kita dari Solo Jogja dan akan diganti dengan KRL Solo Jogja." "Banyak kenangan yang diberikan KA Prameks," tulisnya. Ia mengatakan membuat video tersebut memang untuk mendokumentasikan acara pelepasan KA Prameks untuk terakhir kalinya.

Menurutnya, upacara pelepasan pun berlangsung secara khidmat dan santai. Karena upacara dilaksanakan langsung di Peron Stasiun Solo Balapan. Perjalanan terakhir KA Prameks disambut kesedihan dan keharuan.

Suryanto pun mengaku haru karena menjadi bagian dari sejarah KA Prameks serta bisa melihat KA Prameks untuk terakhir kalinya Mengenai pemberhentian pengoperasian KA Prameks, Suryanto mengaku menyetujuinya. "Kalau pribadi ya setuju karena mungkin sudah 27 tahun mengabdi di masyarakat Jogja Solo jadi perlu istirahat," tuturnya.

Dengan penggantian KA Prameks dengan KRL ini, ia berharap PT KAI bisa memberikan pelayanan yang lebih baik. "Ya harapannya semoga KRL memberikan pelayannya lebih baik dan menjadi primadona baru bagi masyarakat Jogja Solo," ucap pria asal Solo, Jawa Tengah ini. Tak hanya berkesan untuk Suryanto saja, video pelepasan KA Prameks ini juga direspon baik oleh netizen.

Berkat video unggahannya, banyak netizen yang kembali mengenang saat menggunakan KA Prameks. Banyak juga ucapan terimakasih yang diberikan kepada KA Prameks setelah 27 tahun melayani penumpang lintas Solo Yogyakarta. Seperti komentar dari Nisfatya ini.

"Terimakasih Prameks, menemaniku empat tahun PP Jogja Solo menempuh pendidikan S1. Besok Maret aku sidang, jasamu tak tergantikan Prameks," tulisnya. Ada juga komentar dari Obbie F Bakti. "Tiap pulang Klaten terus mau main ke Jogja pasti diriku milih menggunakan jasamu. Terimakasih Prameks. Beristirahatlah," tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like