Liverpool baru saja mengatasi perlawanan Ajax yang berakhir dengan skor 1 0 dalam lanjutan pekan kelima fase grup D Liga Champions, Rabu (2/12/2020). Berlangsung di Anfield Stadium, gol kemenangan Liverpool dicetak oleh Curtis Jones pada babak kedua menit 58. Berkat andil gol tunggal Curtis Jones, Liverpool dipastikan melaju ke babak 16 besar Liga Champions jadi wakil pertama grup D.

Pasukan Jurgen Klopp melaju ke babak 16 besar Liga Champions setelah memimpin klasemen dengan 12 poin. Posisi kedua dan ketiga diikuti Atalanta yang memiliki selisih 4 angka serta Ajax 5 angka. Posisi paling buncit pun ditempati Midtjylland yang baru mengoleksi 1 poin.

Liverpool yang bertindak sebagai tuan rumah mengambil keputusan menyerang sejak awal babak pertama dimulai. Pertandingan yang menunjukan menit ke 2, gelandang Liverpool Curtis Jones mendapatkan peluang di dalam kotak penalti Ajax. Curtis Jones melepaskan tembakan dari batas kotak penalti yang nampaknya masih mudah diantisipasi oleh kiper Ajax, Andre Onana.

Tak sampai disitu berselang empat menit kemudian, peluang berikutnya Jones pun menyentuh tiang kanan gawang. Peluangnya kali ini didapat setelah mendapat operan pendek dari rekannya dan mengambil keputusan untuk melepas tembakan spekulasi. Namun tembakan spekulasi Jones belum bisa menggetarkan jala Ajax pada awal awal paruh pertama ini.

Kali ini gantian Georginio Wijnaldum yang berusaha melepaskan tembakan dan masih diblokir para pemain bertahan tim tamu. The Reds (julukan Liverpool) masih terus menggempur pertahanan Ajax hingga waktu menunjukan menit 20. Ajax yang daritadi hanya terlihat mengandalkan serangan balik, akhirnya mendapatkan peluangnya.

Peluang tersebut datang dari sundulan Davy Klaassen yang masih mengarah ke pelukan penjaga gawang The Reds. Menit 27 bek sayap Liverpool, Andrew Robertson terlihat meringis kesakitas dengan memegang ankle. Setelah mendapat perawatan dari para medis, Robertson kembali memasuki lapangan untuk melanjutkan pertandingan.

Noussair Mazraoui pemain tim tamu mencoba peruntungannya dari kotak penalti dengan sebuah tembakan spekulasi. Tembakan spekulasi Nossair Mazraoui masih mengarah ke sisi kanan gawang Liverpool yang dipercayakan pada Caoimhin Kelleher. Kartu kuning pertama pada pertandingan akhirnya dikeluarkan dari saku wasit untuk Tobias Stieler pada menit 42.

Selain hadiah kartu kuning akibat pelanggaran Tobias Stiler, Ajax hampir saja gawangnya robek dari skema tendangan bebas. Berawal dari skema tendangan bebas ini, Andrew Robertson hampir saja menjebol gawang Andre Onana. Sayangnya tembakan Robertson masih melenceng tipis beberapa inchi dari tiang kiri gawang.

Peluang Robertson pun menutup pertandingan babak pertama yang berakhir sama kuat 0 0. The Reds akhirnya memecahkan kebuntuan mereka pada menit ke 58 lewat sentuhan Curtis Jones, yang memanfaatkan umpan lambung Neco Williams. Jones tinggal mendorong bola ke dalam gawang Ajax setelah Onana meninggalkan sarangnya terlalu cepat.

Hingga wasit Tobias Stieler meniupkan peluit panjang tanda berakhir pertandingan, skor 1 0 untuk keunggulan Liverpool tetap bertahan. Liverpool pun berhak atas satu tiket babak 16 besar Liga Champions 2020 2021 Caoimhin Kelleher (Gk);Neco Williams, Joël Matip, Fabinho, Andrew Robertson; Curtis Jones, (c) Jordan Henderson, Georginio Wijnaldum; Diogo Jota, Mohamed Salah, Sadio Mane.

André Onana (Gk); Noussair Mazraoui, Perr Schuurs, Daley Blind, Nicolás Tagliafico; Edson Álvarez, Davy Klaassen, Ryan Gravenberch; Antony Santos, (c) Dušan Tadić, David Neres.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like