6 Makanan dan Minuman Penyebab Kulit Kering

Untuk mengatasi kulit wajah yang kering yang bikin kamu kurang pede, kamu dapat mencoba moisturizer lokal yang bagus untuk kulit wajah sebagai pelengkap rangkaian skincare kamu. Selain untuk melembabkan wajah, moisturizer juga dapat mencerahkan dan membuat kulit kamu lebih kenyal. Supaya kelembaban wajah kamu tetap terjaga setelah memakai moisturizer, kamu perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Sebab, penyebab kulit kering bukan hanya dari faktor lingkungan, tetapi juga gaya hidup, termasuk makanan. Pastikan kamu mengurangi 6 makanan di bawah ini, ya!

  1. Makanan manis. Kamu boleh saja mengkonsumsi makanan berbahan dasar gula, namun jika terlalu berlebihan akan merusak kolagen pada kulit kamu. Kamu membutuhkan kolagen untuk membantu perkembangan otot, kulit, dan persendian yang kuat. Sehingga, kulit akan terlihat kering dan menua apabila kekurangan kolagen. Kurangi makanan, seperti permen, coklat, es krim dan jenis-jenis kue dengan kadar gula yang tinggi.
  2. Makanan kaya akan vitamin A. Makanan dengan vitamin A yang tinggi, seperti keju, telur, udang, ikan salmon, dan lainnya, memang bagus untuk tubuh. Tapi, jika terlalu sering dikonsumsi, vitamin A akan berdampak negatif untuk kulit kamu. Bahkan, dapat menyebabkan rambut mudah rontok. Kamu dapat membatasinya dengan membuat jadwal diet supaya lebih terkontrol dan kulit kamu tetap terjaga kelembabannya.
  3. Keripik, yang saat ini sudah beragam cara pengolahan dan pengemasannya, menjadi salah satu makanan favorit kalangan muda. Ini adalah salah satu jenis makanan yang kadar garamnya tinggi. Jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak, akan menyebabkan kulit bertambah kering dan kusam. Selain itu, kantung mata kamu akan semakin lebar.
  4. Minuman bersoda. Minuman berkarbonasi mengandung kafein dan gula yang dapat mengganggu ketahanan kulit. Minuman ini merupakan hasil penginfusan karbon dioksida pada air. Sehingga jika dikonsumsi berlebihan, pH tubuh akan terganggu dan kulit menjadi kusam dan kering. Akan lebih baik kalau kamu mengkonsumsi air putih yang banyak dibandingkan minuman bersoda.
  5. Kopi. secangkir kopi dalam sehari tidak masalah, tetapi 5 cangkir kopi dalam sehari merupakan hal yang buruk, terutama untuk kulit kamu. Mengkonsumsi kopi berlebihan akan menyempitkan pembuluh darah sehingga cairan yang mengalir ke kulit menjadi sedikit. Dengan kata lain, kulit mengalami dehidrasi.
  6. Alkohol. Seperti kopi, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi pada kulit bahkan kemerahan. Juga, meningkatkan risiko rosacea pada wanita. Rosacea merupakanpenyakit kulit yang ditandai dengan kulit kemerahan dan bintik seperti jerawat. Batas normal mengkonsumsi alkohol untuk wanita adalah 1,5 botol alkohol ringan dan untuk alkohol tinggi, empat gelas berukuran 250 ml.

Itu dia 6 makanan dan minuman penyebab kulit kamu menjadi kering dan kusam. Semoga artikel ini dapat membantu kamu, ya!

Referensi:

https://www.fimela.com/beauty-health/read/3778510/6-makanan-yang-bikin-kulit-kering-kusam-dan-cepat-keriput

https://tirto.id/dampak-negatif-konsumsi-alkohol-berlebih-bagi-kulit-eh14

https://www.bustle.com/articles/131951-6-foods-that-can-dry-out-your-skin-worse-than-the-weather

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *