4 Cara Mengatasi Gigi Ngilu Pada Anak-anak

Masalah yang terjadi pada mulut sering kali dianggap sepele. Padahal kalau rasa sakit akibat gigi berlubang terjadi, jangankan mau makan, mau bicara pun rasanya sudah pasti tidak enak. Apalagi kalau sampai sakit gigi dirasakan oleh anak-anak, sudah pasti orang tua akan sibuk mencari cara mengatasi gigi ngilu akibat gigi sensitif.

 

Cara mengatasi gigi ngilu yang diakibatkan oleh gigi sensitif pada anak, tidak bisa disamakan dengan cara mengatasi gigi berlubang pada orang dewasa. Sebab anak-anak tidak boleh asal diberikan obat-obatan yang mengandung bahan kimia.

 

Lantas, bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi gigi ngilu akibat sensitif pada gigi anak-anak? Penasaran bukan? Yuk simak artikel bermanfaat dibawah ini yah!

 

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Alami Pada Gigi Sensitif Anak-anak

 

Sebelum membahas cara yang tepat untuk mengatasi gigi ngilu akibat gigi sensitif pada anak-anak, sebaiknya Anda ketahui dulu beberapa penyebabnya. Kemudian setelah tahu apa saja yang menjadi penyebab gigi ngilu, cara mengatasi akan tersaji dengan lengkap untuk Anda. Yuk simak!

 

Penyebab

Gigi ngilu pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Namun, lebih sering disebabkan oleh faktor gaya hidup sehari-hari. Berikut adalah faktor yang umum terjadi menjadi penyebab gigi ngilu, diantaranya adalah :

 

1. Salah pilih sikat gigi

Menyikat gigi terlalu kencang ternyata sangat tidak dianjurkan, apalagi kalau anak-anak diberikan sikat gigi yang tidak sesuai. Sikat gigi yang tepat, misalnya kasar atau terlalu besar di rongga mulut mereka bisa menyebabkan email pada anak cepat terkikis.

 

Email gigi pada anak masih sangat rentan, oleh sebab itu sebaiknya ganti sikat gigi yang lebih lembut dan sesuai dengan rongga mulut anak yah!

 

2. Kebiasaan makan makanan yang manis

Siapa sih yang tidak suka makan coklat? Apalagi anak-anak paling tidak bisa menolak kalau diberikan coklat, permen, dan makanan lainnya yang tidak baik untuk gigi.

 

Jangan terlalu memanjakan anak-anak pada makanan-makanan yang manis. Karena tindakan tersebut bisa membuat gigi anak cepat terkikis dan sensitif.

 

3. Sering minum minuman bersoda dan makanan asam

Selain makanan yang mengandung terlalu banyak gula, ternyata makanan yang mengandung asam juga kurang disarankan untuk dikonsumsi anak-anak. Mengingat email gigi pada mereka masih sangat tipis, dikhawatirkan bisa membuat gigi mereka sensitif dan ngilu.

 

Begitu juga minuman bersoda, jangan terlalu sering memberikan anak-anak minuman bersoda yah! Karena sifat soda yang kurang baik untuk gigi anak, menyebabkan gigi pada anak ngilu.

 

4. Terlalu sering menggeretak gigi

Jangankan orang dewasa, anak-anak juga sangat sering menggeretakkan gigi mereka saat berada di lingkungan yang baru. Atau memang sudah menjadi kebiasaan.

 

Kebiasaan seperti itu ternyata tidak baik untuk email gigi, karena bisa tipis akibat terlalu sering digesek.

 

Cara Mengatasi Gigi Ngilu Dengan Alami

 

Ada baiknya bila ingin mengatasi gigi ngilu pada anak, lakukan dengan cara yang alami terlebih dahulu kalau memang belum bisa pergi ke dokter gigi.

 

Adapun cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gigi ngilu pada anak diantaranya adalah :

  1. Ajak anak untuk menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride dan aman untuk anak.
  2. Berikan pengertian pada anak kalau kebiasaan menggeretak gigi adalah kebiasaan yang tidak baik untuk gigi.
  3. Ajak anak untuk konsumsi makanan dan minuman yang sehat untuk gigi mereka.
  4. Ajak anak untuk rutin pergi ke dokter gigi minimal sebulan satu kali atau 6 bulan sekali.

 

Bagaimana, mudah sekali bukan cara mengatasi gigi ngilu pada anak? Semoga cara yang diberikan diatas bisa menjadi referensi tepat yah, tidak hanya untuk pribadi tapi juga untuk sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *