Program Tol Laut Bisa Hilangkan Disparitas Harga di Wilayah Pelosok Menhub

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menilai, program tol laut penting untuk menghubungkan konektivitas antara wilayah barat dan timur Indonesia. Menurutnya, program ini dapat dikembangkan dengan sinergi dan kolaborasi pihak seperti Kementerian Perdagangan untuk menghilangkan disparitas harga di wilayah Indonesia. "Program tol laut ini dapat mendistribusikan logistik ke pelosok, yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi lain," ujar Budi Karya dalam diskusi virtual, Senin (21/9/2020).

Dengan program ini, lanjut Budi Karya, dapat membuat barang yang ada di wilayah barat Indonesia dapat dikirim ke timur dan membuat harga menjadi lebih murah. "Selain itu, program tol laut juga bisa membangun ekonomi daerah di wilayah pelosok dengan mengembangkan produk yang mereka miliki," kata Budi Karya. Maka dari itu menurut Budi Karya, perlu adanya perluasan trayek tol laut dan kerja sama berbagai stakeholder agar implementasi program ini dapat menyeluruh.

Budi Karya juga menjelaskan, Indonesia yang memiliki banyak pulau tentunya butuh transportasi yang dapat menjangkau wilayah tersebut. "Infrastruktur pendukung pun harus ada, seperti pelabuhan yang membuat akses tol laut ini menjadi lebih baik," kata Budi Karya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *