Posisi Tidur Menentukan 6 Tipe Kepribadian

Katanya bahasa tubuh bisa menunjukkan ciri kepribadian seseorang. Namun tak hanya bahasa tubuh saat sadar, cara tubuh kita berkomunikasi saat tidur pun bisa menunjukkan banyak hal mengenai kepribadian kita.

“Jika Anda pikirkan, kebanyakan orang menghabiskan enam jam atau lebih setiap hari untuk tidur, jadi tentu saja posisi tidur menunjukkan banyak hal tentang diri Anda,” kata David Greuner, MD, FACS, FICS dari NYC Surgical Associates. Jadi seperti apa penjelasannya? Berikut ini uraian yang dirangkum dari Reader’s Digest.

1. Meringkuk seperti Janin

“Kebanyakan orang terlelap dalam posisi meringkuk ke samping seperti janin sebab posisi tersebut memberikan perasaan aman selagi tidur,” kata desainer perabot Susanne Flother.

“Mereka yang menyukai posisi meringkuk ke samping seperti janin cenderung sensitif, namun berusaha menunjukkan penampilan luar yang tangguh,” tutur Chris Idzikowski, PhD, dari Sleep Assessment and Advisory Service. Orang yang menyukai posisi tidur ini juga cukup ramah, meskipun terlihat malu-malu saat pertama kali bertemu orang.

2. Berbaring seperti Batang Pohon

Tidur seperti batang pohon maksudnya berbaring miring dengan tangan berada di samping tubuh. Jika ini adalah posisi tidur favorit Anda, kemungkinan besar Anda adalah orang yang santai, berjiwa sosial, dan mudah percaya kepada orang baru. Sayangnya ini mungkin juga berarti Anda cenderung mudah diperdaya.

3. Berbaring seperti Batang Pohon dengan Tangan Terentang

Jika Anda biasa tidur dengan posisi lurus seperti batang pohon tapi dengan tangan terulur ke depan, kemungkinan besar Anda adalah orang yang terbuka. Menurut Dr. Idzikowski, Anda tidak begitu mudah diperdaya. Anda bahkan sulit berubah pikiran tentang apa pun. Kalau sampai berubah pikiran, Anda tidak mudah berubah pendirian lagi.

4. Tidur Tengkurap

Tidur telentang merupakan posisi yang tidak terlalu populer, terutama karena kurang nyaman bagi pernapasan. Ibu hamil, mereka yang sedang sakit leher, sakit punggung, dan perempuan berdada besar juga tidak disarankan tidur dalam posisi ini.

Menurut Dr. Idzikowski, jika posisi tidur pilihan Anda menghadap ke bawah dengan kepala menghadap ke satu sisi dan bantal Anda digenggam di antara lengan, Anda cenderung suka berteman, dan bahkan kadang-kadang sangat blak-blakan. Anda tidak suka dikritik dan Anda melakukan yang terbaik untuk menghindari situasi ekstrem.

5. Tidur Telentang

Jika Anda biasa tidur dengan posisi berbaring telentang dan kedua lengan berada di samping tubuh berarti Anda termasuk tipe yang tenang dan pendiam. Anda tidak suka membesar-besarkan masalah dan cenderung menetapkan standar yang sangat tinggi untuk diri sendiri dan orang lain.

Walaupun begitu, penelitian menunjukkan bahwa tidur telentang dapat menyebabkan mendengkur, kesulitan bernapas, dan kualitas tidur yang buruk.

6. Posisi Bintang Laut

Suka tidur dengan posisi berbaring telentang dengan kedua lengan terentang ke atas? Berarti Anda adalah tipe pendengar yang baik dan teman yang baik. Anda selalu bersedia untuk menawarkan bantuan dan umumnya tidak suka menjadi pusat perhatian.

Sama seperti posisi telentang, tidur dengan posisi bintang laut juga mengakibatkan orang jadi mendengkur dan mengalami kesulitan bernapas saat tidur, sehingga tidur jadi kurang berkualitas.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *