Kopi merupakan minuman yang kini telah menjadi trend di kalangan masyarakat, termasuk anak muda. Saat ini, beragam konsep warung atau kedai kopi mulai menjamur di berbagai sudut kota hingga pedesaan. Sebagai warga Indonesia, kita patut bangga karena kopi kopi lokal asli Indonesia banyak dicari oleh berbagai negara.

Bisa dibilang, khas Indonesia sudah banyak yang mendunia. Kopi Java Preanger sendiri sudah ditanam sejak masa Hindia Belanda. Bahkan kopi ini disebut sebut sebagai cikal bakal perkebunan kopi di Indonesia.

Kopi Java Preanger memiliki cita rasa otentik arabika yang sangat kuat dan tidak dimiliki oleh kopi jenis lain. Di Jawa Barat, Kopi Preanger ini ditanam di 11 gunung, yaitu Gunung Cikurai, Papandayan, Malabar, Caringin, Tilu, Patuha, Halu, Besar, Burangrang, Tangkuban Perahu, serta Gunung Manglayang. Kopi yang ditanam di dataran tinggi Gayo, Aceh ini sudah dikembangkan sejak tahun 1908.

Karena ditanam di suhu yang rendah, membuat cita rasa kopi Gayo menjadi unik. Kopi ini banyak diekspor ke Eropa. Kopi ini juga sudah beberapa kali meraih penghargaan sebagai kopi terbaik di dunia. Kopi jenis arabika ini memiliki tingkat keasaman yang rendah.

Sensasi pahit yang ditimbulkan oleh biji kopi hanya terasa di awal dan tidak meninggalkan after taste yang bagi sebagian orang dinilai mengganggu. Kopi Toraja kerap diekspor ke Jepang dan Amerika. Kopi lokal selanjutnya yang telah mendunia adalah kopi Flores Bajawa. Kopi jenis arabika ini ditanam di kawasan Bajawa, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Keunikan kopi ini ada pada rasanya yang dominan cokelat dan vanili, dengan after taste yang sedikit nutty. Adapun tujuan ekspor utama kopi Flores Bajawa adalah Amerika. Kopi Kintamani memiliki cita rasa yang agak asam dan sedikit fruity jeruk. Kopi jenis arabika ini juga memiliki tingkat keasaman dan kekentalan yang sedang. Pengolahan Kopi Kintamani dilakukan melalui proses basah atau wet processed, dan dihasilkan dari Kawasan dingin.

Kopi Kintamani sering diekspor di pasar Asia, Eropa, bahkan hingga Amerika. Kopi kopi khas Indonesia tersebut dijual dengan harga yang bervarasi, sesuai keautentikan, proses pengolahan, hingga cita rasanya. Untuk mengetahui khas Indonesia bisa langsung mengeceknya di berbagai pusat perbelanjaan online, langsung dari smartphone mu.

Kini untuk mendapatkan jenis kopi lokal khas Indonesia sangatlah mudah. Banyak pusat perbelanjaan online yang dengan beragam varian, tentu akan memudahkan untuk mendapatkan kopi sesuai cita rasa favoritmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like