7 Makanan Ini Ternyata Percepat Penuaan, Ada Gula hingga Makanan Pedas

Simak 7 makanan yang membuat kamu terlihat lebih tua atau alami penuaan. Menginjak usia 20an, setiap orang akan lebih memikirkan apa yang mereka makan. Pasalnya, makanan yang kita konsumsi ternyata sangat berpengaruh pada kondisi tubuh kita.

Bahkan ada beberapa makanan yang kerap kita temui justru mempercepat penuaan. Dilansir BrightSide.me , ada 7 makanan yang bisa mempercepat penuaan dan membuat kita terlihat lebih tua. Simak selengkapnya!

Selain menjadi makanan yang bertanggung jawab atas berat badan kita, ternyara gula juga membuat wajah kita muncul keriput. Selain itu, konsumsi gula berlebih juga membuat kulit kendor dan merusak kesehatan secara umum. Konsumsi gula berlebih, tubuh akan memulai proses glikasi atau glikosa terikat dengan protein dan lipid.

Proses ini bisa merusak kolagen kulit, bagian yang bertanggung jawab atas kekencangan kulit. Lemak tak jenuh kerap ditemui pada makanan cepat saji, makanan yang digoreng, margarin, makanan kaleng, dan masih banyak lagi. Lemak tak jenuh awalnya diyakini meningkatkan risiko penyakit jantung.

Namun ternyata mereka juga memperkeras arteri atau menyempitkan pembuluh darah. Kelemahan aliran darah ke kulit menyebabkan penuaan diri dan kerutan. Jangan percaya dengan kemasan makanan yang menuliskan 'nol lemak tak jenuh', karena pada produk tersebut mungkin masih mengandung di bawah 0,5 gram lemak tak jenuh.

Ternyata konsumsi garam berlebih dapat menyebabkan penuaan dini. Garam berlebih menyebabkan tubuh menahan air dan menyebabkan wajah membengkak. Hal ini juga menyebabkan sel menyusut dan menyebabkan dehidrasi.

Tidak cukup air membuat kulit keriput dan tentunya penuaan dini. Meski banyak penggemarnya, daging olahan seperti osis, bacon, dan daging kalingan mengandung banyak garam dan pengawet. Konsumsi daging olahan menyebabkan dehidrasi dan memicu peradangan.

Bahkan produk ini juga mengurangi vitamin C dalam tubuh yang penting dalam pembentukan kolagen. Cobalah tukar daging olahan dengan ayam atau kalkun dan campurkan dengan sayuran. Selain daging penuh pengawet, daging yang dimasak dengan hangus juga membuat penuaan dini.

Daging hangus mengandung hidrokarbon pro inflamasi, dan ini membuat radang tubuh. Hal ini membuat kulit menjadi pecah, dan mengarah pada penampilan yang lebih tua. Meski bisa masuk dalam minuman, kafein ternyata juga masuk dalam daftar konsumsi yang mengakibatkan penuaan dini.

Kafein mengandung diuretik yang membuat kamu mengeluarkan cairan dan menyebabkan kurangnya kelembaban tubuh. Hal ini membuat kulit kamu lebih kering dan rapuh. Namun jika kamu penyuka kopi, cukup imbangi dengan banyak minum air putih.

Makanan pedas menyebabkan rosacea pada kulit. Proses tersebut membuat pembuluh darah menjadi melebar. Akibatnya, wajah dan kulit akan tampak merah, bernoda, dan kurang awet muda.

Tidak begitu buruk jika makan makanan pedas, namun jika sangat pedas sekali wajah akan berubah menjadi bengkak dan kemerahan secara permanen.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *