Viral Ahok Tolak Pinggang di Depan Presiden, Tak Melulu Negatif, Ini Makna Lain Menurut Pakar Gestur

Bahasa tubuh tolak pinggang Ahok alias Basuki Thahaja Purnama saat berbicara di depan Presiden Jokowi mendapat sorotan di media sosial. Tak melulu negatif, ini makna positif tolak pinggang Ahok di mata Jokowi menurut analisa pakar bahasa tubuh / gestur, Handoko Dani . Siapa yang tak kenal denganKomisaris Utama Pertaminayang baru saja dilantik ini? Siapa lagi kalau bukan Basuki Tjahaja Purnama atau biasa dikenalAhok.

Belum lama pertemuanAhokdengan PresidenJokowicukup menyita perhatian. Bagaimana tidak,Ahoksaat itu sedang berbicara denganJokowisambil bertolak pinggang. Momen Ahok bertemu dengan Jokowi seperti bernostalgia.

Diketahui bersama Jokowi dan Ahok pernah memimpin DKI Jakarta sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur pada 2012 2014. Hingga akhirnya Ahok menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta menggantikan Jokowi yang mundur karena mengikuti Pilpres 2014. Momen pertemuan Ahok terjadi ketika Jokowi meninjau kawasan kilang PT Trans Pasific Petrichemical Indotama ( TPPI ) di Kabupaten Tubena, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019).

Ahok turut mendampingi Jokowi dari awal kedatangan hingga sesi wawancara terakhir. Memang tak hanya Ahok, hadir pula Menteri BUMN Erick Thohir. Ahok bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyambut rombongan Jokowi.

Ahok dan Jokowi kemudian bersalaman. Ahok terlihat mengenakan kemeja putih dibalut jaket Pertamina, dipadu dengan celana hitam. Ada momen ketika Ahok berbincang berdua dengan Jokowi.

Foto ketika berbincang dengan Jokowi diposting akun Instagram Ahok. Di foto terlihat Ahok tolak pinggang di depan Jokowi. Pakar ekspresi dan gestur Handoko Gani menekankan tolak pinggang tak melulu menggambarkan hal negatif.

Handoko Gani yang merupakan Ahli Lie Detector ini mengatakan gestur tolak pinggang juga perlu diperhatikan jarak percakapan dan lawan bicaranya. "Bila jarak sempit, poros tubuh maju, ekspresi wajah marah, maka betul itu ekspresi yang dimaksud, menunjukkan kekuasaan atau marah atau nyinyir. Menurutnya gestur tolak pinggang yang dilakukan Ahok depan Jokowi, menunjukan sebuah kebiasaan.

Tolak pinggang yang dilakukan Ahok di depan Jokowi menurut Handoko Gani, menunjukan bahwa BTP mengenal lawan bicaranya. "Gesture tersebut adalah gesture kebiasaan seorang Ahok ketika berdiskusi. Menunjukkan bahwa ia tahu apa yang ia bicarakan atau pertahankan pendapatnya," jelas Handoko.

Bahkan menurutnya, gestur tolak pinggang yang ditunjukan Ahok menggambarkan kedekatan antara keduanya. "Lebih dalam lagi itu menunjukkan bahwa kedua tokoh ini sudah sangat dekat, saling mengerti.," kata Handoko Gani. Handoko juga menilai dari gestur yang ditunjukan oleh keduanya menggambarkan Ahok adalah sosok yang sangat dipercaya oleh Jokowi.

"Kalau semakin dibandingkan dengan tokoh selain Ahok, ini menunjukkan betapa Ahok adalah tokoh yang amat dipercaya beliau (Jokowi)," kata Handoko Gani. Baru baru ini Ahok kembali bertemu ketika Presiden Jokowi meresmikan implementasi Biodiesel 30 persen atau B30 di SPBU Pertamina, Jalan MT Haryono Jakarta Selatan pada Senin (23/12/2019). Di foto terlihat Ahok mengenakan polo shirt putih dipadu celana hitam.

Sementara Presiden Jokowi mengenakan polo shirt lengan panjang warna merah. Ahok tampak melipat kedua tangannya di dada. Sedangkan Jokowi melihat kedua lengannya ke belakang seperti posisi istirahat di tempat.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *