Siaran Langsung TVRI BWF World Tour Finals 2019, Ginting & Ahsan/Hendra Jadi Tumpuan Raih Gelar

Simak jadwal pertandingan final ajang bulutangkis dunia dalam turnamen BWF World Tour Finals 2019 hari ini dapat diakses dalam berita ini. Salah satu ajang bergengsi bulutangkis dunia bertajuk BWF World Tour Finals 2019 telah memasuki partai final yang akan dihelat pada hari ini, Minggu (15/12/2019). Tim Indonesia berhasil menempatkan dua wakilnya dalam ajang BWF World Tour Finals 2019 yakni Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra) dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (ganda putra).

Alhasil, Ginting dan Ahsan/Hendra akan menjadi tumpuan utama tim Merah Putih untuk memboyong gelar juara BWF World Tour Finals 2019 ke tanah air. Perhelatan turnamen ini juga bisa dinikmati melalui tayangan televisi secara langsung lewat saluran Televisi Nasional Republik Indonesia (TVRI). Seperti yang telah diketahui, ajang BWF World Tour Finals 2019 merupakan ajang bergengsi bulutangkis dunia yang menjadi penutup seluruh rangkaian BWF pada tahun ini.

Ajang bulutangkis bergengsi bertajuk BWF World Tour Finals 2019 sudah dihelat sejak tanggal 11 15 Desember 2019. Turnamen BWF World Tour Finals 2019 akan memperebutkan total hadiah 1.500.000 dollar Amerika. Pebulutangkis tunggal putra andalan Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting akan berjibaku menghadapi wakil Jepang, Kento Momota di partai final.

Pebulutangkis yang akrab disapa Ginting tersebut merebut satu tiket final setelah mengelahkan Chen Long di babak sebelumnya. Ginting mampu menaklukkan Chen Long lewat dua set langsung dengan skor 21 15 dan 21 15. Permainan gemilang yang ditunjukkan oleh Ginting membuat Chen Long tidak berkutik dalam laga semifinal kemarin, Sabtu (14/12/2019).

Salah satu kunci kemenangan atas Chen Long menurut pengakuan Ginting karena dirinya bisa menikmati pertandingan. “Puji Tuhan bisa menang dan lolos ke final. Pastinya senang dengan hasil ini, karena tadi saya mainnya juga nggak terlalu banyak melakukan kesalahan sendiri. Bisa enjoy menikmati pertandingan,” kata Anthony Sinisuka Ginting dilansir dari laman resmi Badmintonindonesia.org. Kemenangan yang diraih Ginting tersebut menjadi yang kedua kalinya atas Chen Long dalam ajang yang sama.

Setelah sebelumnya, Ginting menundukkan Chen Long dengan skor 21 12 dan 21 11 di fase grup. Pada duel kali kemarin yang berlangsung selama 41 menit, Ginting mampu tampil menguasai jalannya permainan sedari awal hingga akhir. Menurutnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari permainan Chen Long hari ini dan pertemuan sebelumnya.

“Secara keseluruhan hampir sama permainannya di pertandingan hari ini dan sebelumnya. Mungkin kalau strategi mainnya dia hari ini sedikit berbeda dengan kemarin," ungkap Ginting. "Hari ini dia mainnya lebih banyak nurunin bola, jadi otomatis saya harus angkat bola. Tapi bersyukurnya, saya bisa menghindari itu, dan tetap bisa mengatur tempo permainan,” jelasnya," tambahnya. Ginting juga memandang tidak ada perbedaan kualitas yang signifikan dari sang lawan daripada pertandingan sebelumnya.

“Kalau berbicara kualitas lawan, nggak ada bedanya kok dengan pertandingan sebelumnya, dia tetap pemain yang bagus,” lanjut Ginting. Kento Momota akan menjadi penantang Ginting untuk merebut gelar juara ajang BWF World Tour Finals 2019. “Kalau bertemu Momota, saya siap semuanya, baik fisik maupun teknik. Saya harus selalu siap seratus persen kalau bertemu Momota. Yang penting setelah ini saya mau istirahat dan jaga kondisi,” tutupnya.

Sedangkan, wakil Indonesia selanjutnya yang akan bertanding yakni pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di sektor ganda putra. Tiket ke partai puncak BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou berhasil diamankan pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan setelah memetik kemenangan 21 14 dan 21 9 atas ganda putra Taiwan, Lee Yang/Wang Chi Lin. Bahkan pertandingan antara Ahsan/Hendra kontra Lee Yang/Wang Chi Lin hanya berdurasi 26 menit saja.

Hendra Setiawan mengakui pertandingan di semifinal mampu dikuasai olehnya bersama Ahsan selaku partnernya. “Permainan kami hari ini cukup keluar. Lawan tadi banyak melakukan kesalahan sendiri yang tentunya menguntungkan buat kami,” kata Hendra Setiawan dilansir melalui laman resmi PBSI. Kemenangan tersebut juga bisa dimaknai oleh Ahsan/Hendra sebagai ajang balas dendam atas kekalahan yang diderita dengan lawan yang sama pada laga fase grup.

Saat itu, ganda putra peringkat dua dunia ini mesti merasakan kekalahan dengan skor 18 21 dan 18 21. “Di pertandingan ini kami sudah mulai bisa menjalankan strategi yang ingin coba dimainkan. Dan lawan juga banyak mati sendiri," ungkap Ahsan. "Kami bisa bermain lebih baik dari pada pertemuan kemarin,” jelas Ahsan selepas pertandingan.

Di babak final BWF World Tour Finals 2019 Guangzhou, Hendra/Ahsan sudah dinanti pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe. Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe yang lebih dulu lolos berkat kemenangan 21 11, 15 21 dan 21 10 atas Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon. “Kami harus siap lagi untuk pertandingan besok. Karena pertandingan selanjutnya nggak akan mudah," harap Hendra.

"Apalagi kami tahu Endo/Watanabe nggak gampang mati, jadi pastinya harus lebih siap lagi dari hari ini,” tambahnya. Hari ini akan menjadi duel ketujuh bagi Hendra/Ahsan dan Endo/Watanabe. Dari enam pertemuan sebelumnya, The Daddies punya bekal manis dengan catatan lima kemenangan.

Terakhir kali bertemu di ajang Denmark Open 2019 BWF World Tour Super 750, Oktober lalu, Hendra/Ahsan menang dengan skor 21 15 dan 21 14. “Harus siap capek saja. Kalau soal strategi mau main seperti apa di pertandingan besok, kami masih belum bisa menentukannya," ujar Ahsan. "Setelah ini kami mau evaluasi dulu dan berdiskusi dengan pelatih, strategi apa yang cocok untuk pertandingan besok,” tutup Ahsan.

Pertandingan final ajang BWF World Tour 2019 akan dimulai pukul 12.00 melalui sektor ganda campuran. XD : Wang Yi Lyu/Huang Dong Ping (China) vs Zheng Si Wei/Huang Ya Qiong (China) Pukul 12.00 WIB MS : Kento Momota (Jepang) vs Pukul 13.00 WIB

WD : Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang) vs Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) Pukul 14.00 WIB WS : Chen Yu Fei (China) vs Tai Tzu Ying (Taiwan) Pukul 15.00 WIB MD : Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe (Jepang) vs Pukul 16.00 WIB

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *