Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan program subsidi pemerintah bagi pekerja dengan gaji dibawah Rp5 juta berupa upah Rp600 ribu akan di launching pada Kamis (27/8/2020) besok. Ida mengatakan launching akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo. "Insya Allah akan diagendakan launching bantuan pemerintah berupa subsidi gaji atau upah besok, Kamis tanggal 27 Agustus 2020 oleh Presiden RI," ujar Ida, dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, di Ruang Rapat Komisi IX, Senayan, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Ida menjelaskan pihaknya telah menerima data calon penerima yang telah divalidasi oleh BPJS Ketenagakerjaan pada tanggal 24 Agustus 2020. Kemudian, saat ini Kementerian Ketenagakerjaan sedang menyiapkan administrasi untuk proses transfer bantuan tahap pertama. Ida mengatakan pihaknya akan menyalurkan bantuan sekurang kurangnya untuk 2,5 juta pekerja tiap minggunya.

"Jadi bapak ibu yang saya hormati mudah mudahan proses ini berjalan sesuai dengan yang kita rencanakan. Kami rencanakan akhir Agustus ini dilakukan tahap pertama. Sekurang kurangnya 2,5 juta per batch per minggu akan kami lakukan," jelas Ida. Pemerintah, kata dia, menganggarkan Rp37,87 triliun dengan target penerima 15.725.232 pekerja. Nantinya bantuan yang diterima pekerja adalah uang tunai selama empat bulan dengan besaran tiap bulannya senilai Rp600 ribu. Ida pun berharap program subsidi tersebut dapat membantu mempercepat pemulihan ekonomi yang terdampak akibat pandemi Covid 19. "Mudah mudahan program ini benar benar membantu, pertumbuhan ekonomi kita kembali normal, kemampuan daya beli teman teman pekerja akan ada tambahan," tandasnya.

Caption : Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like