PKH & Program Sembako di Masa Pandemi Covid-19 Smeru Institute Bahas BLT Dana Desa

The Smeru Research Institute mengadakan webinar mendiskusikan Implementasi Program Perlindungan Sosial di Masa Pandemi Covid 19 pada Jumat (17/7/2020). Peneliti Smeru Nila Warda yang menjadi moderator menjelaskan Smeru merupakan lembaga independen yang melakukan penelitian dan kajian kebijakan publik. Smeru memiliki tujuan utama yakni untuk mendorong perumusan kebijakan pro masyarakat miskin di tingkat nasional dan daerah melalui penelitian berbasis bukti.

"Sejalan dengan misi Smeru tersebut sebagai respon atas pandemi covid 19 Smeru melakukan 9 rangkai studi mengenai dampak sosial ekonomi dari pandemi ini. Seri webinar ini sebagai media bagi kami untuk menyampaikan hasil dari studi tersebut juga wadah mempertemukan para peneliti, akademi, pakar, masyarakat sipil dan internasional juga pembuat kebijakan," ucapnya. Hal itu guna membahas implikasi dan strategi mengolah dampak pandemi covid 19 di Indonesia. Dalam diskusi tersebut hadir Wakil Direktur Smeru Penelitian dan Penjangkauan Smeru Athia Yumna.

Selain itu hadir Peneliti Smeru lainnya yakni Hastuti yang menyoroti pelaksanaan PKH dan program Sembako dalam kerangka mitigasi dampak Covid 19. Athia Yumna menjelaskan ada tiga program yang dibahas yakni BLT dana desa, PKH dan program sembako. "Ketiga program ini dipilih karena memiliki cakupan wilayah yang cukup luas dan penerima manfaat yang relatif cukup banyak," ucapnya.

Ia mengatakan pada program dana desa prioritas pemanfaatan tahun 2020 ini memang digeser untuk penyediaan BLT bagi penduduk miskin dan kegiatan penanganan pandemi covid 19. Untuk PKH dan sembako pemerintah memutuskan untuk meluaskan coverage cakupan dan kenaikan besarnya manfaat bagi KPM selama periode April hingga Desember 2020. "Kemudian kita harapkan berguna untuk masukan bagi pemerintah dan pemangku kepentingan untuk membuat kebijakan yang lebih baik. Serta lebih bermanfaat bagi masyarakat terutama 'disadvantage people' di masa pandemi covid 19," ucapnya.

Hadir juga Assisten Deputi Kompensasi Sosial Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Herbin Manihuruk. Kepala Pusat Data dan Informasi Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Ivanovich Agusta. Webinar ini dilakukan di aplikasi Zoom Meeting dan juga disiarkan secara langsung di saluran YouTube The Smeru Research Institute.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *