Berikut ini cara membuatbolu sendiri di rumah, simak tips untuk membuat bolu yang empuk dan lembut. Bahan utama untuk membuat bolu di antaranya adalah tepung, gula, dan telur. Ada beberapa macam bolu yang biasa dibuat, yakni bolu kukus, bolu gulung dan variasi bolu lainnya.

Cara membuat bolu yang empuk dan lembut tidaklah sulit, apalagi untuk pemula. Kue yang lembut, moist dengan tekstur yangempuk saat digigit adalah ciri utama kue yang dibuat dengan metode chiffon cake . Untuk mendapatkan kue dengan tekstur ini, dibutuhkan trik khusus.

Trik ini bisaditerapkan pada kue berbagai rasa, termasuk bolu. 1. Gunakan tepung terigu protein rendah atau sedang Protein yang tinggi akan menghasilkan gluten yang juga tinggi sehingga chiffon cake jadi berat dan tidak mengembang.

2. Gunakan putih telur bersuhu ruang Putih telur yang dingin akan membuat kue jadi susah mengembang. 1. Tambahkan lemon juice atau cream of tartar

Fungsi cream of tartar atau lemon adalah mempertahankan putih telur tetap kokoh ketika dikocok. 2. Masukkan gula sedikit demi sedikit Saat mengocok putih telur, jangan masukkan gula sekaligus.

Tambahkan gula sedikit demi sedikit agar putih telur mengembang sempurna. Gula yang dimasukkan sekaligus sudah pasti terlalu berat dan membuat putih telur tidak mengembang. 3. Pastikan mix bowl kering

Mix bowl harus kering dan tidak mengandung air. Jika tercampur air, putih telur juga akan sulit mengembang 1. Aduk dengan teknik aduk lipat

Teknik ini akan mempertahankan udara dalam putih telur, sehingga cake akan tetap bisa mengembang sempurna. 2. Jangan Oles Loyang Chiffon Adonan harus dituang ke dalam loyang chiffon yang kering dan tidak dioles apa pun.

3. Padatkan loyang berisi adonan sebelum dipanggang Padatkan dengan cara mengentakkan loyang beberapa kali sehingga udara yang terjebak di dalam loyang adonan bisa terlepas. Cara ini akan membuat cake mulus tanpa lubang lubang udara.

4. Ketahui waktu memanggang yang pas Menggunakan loyang diameter 18 20 cm, Chef Saldi biasa menggunakan oven suhu 170 derajat Celsius selama 30 menit. 5. Balikkan loyang segera setelah matang

Loyang harus langsung dibalikkan segera setelah matang. Ganjal menggunakan botol sampai kue dingin. Tujuannya agar adonan tidak kempes dan teksturnya tetap kokoh.

Terapkan tips ini pada bolu pandan atau chiffon cake kesukaan keluarga dan buktikan hasilnya sendiri. Chiffon cake pasti lembut dan akan tetap kokoh walau sudah dipotong dan disusun di piring saji. Berikut ini bisa disimak resep berbagai macam bolu yang bisa dipraktikkan di rumah.

Dikutip dari , untuk membuat bolu kukus ini membutuhkan wakytu kurang lebih 45 menit. Resep ini dapat menghasilkan 15 bolu kukus. Bahan yang diperlukan:

Kocok telur, gula pasir, garam, dan emulsifier sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu sambil diayak dan dikocok rata bergantian dengan air soda tawar. Ambil 3 sendok makan adonan. Tambahkan pasta pandandan aduk rata.

Tuang adonan putih di cetakan bolu yang dialas cup kertas. Sendokkan adonan pandan di atasnya. Kukus 10 menit dengan api besar sampai matang. Selain resep bolu kukus di atas, kamu juga bisa membuat resep bolu dengan variasi lainnya.

Kamu bisa mencobaresep Bolu Gulung Keju danBolu Kukus Pandan Red Velvet Kelapa. Simak resep dan cara untuk membuatkedua boluyang mudah dipraktikkan di rumah. Dikutip dari , waktu yang dibutuhkan untuk memasak bolu gulung ini kurang lebih 60 menit.

Hasil dari resep ini bisa disajikan 12 potong bolu. Kocok telur, putih telur, garam, dan gula pasir sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu dan susu bubuk sambiln diayak dan diaduk rata.

Masukkan campuran margarin leleh dan esens vanila sedikit sedikit sambil diaduk perlahan. Tuang di atas loyang 26x26x3 cm yang diolesi margarin dan dialasi kertas roti. Oven dengan suhu 190 derajat Celsius 20 menit sampai matang.

Olesi tipis buttercream. Taburi keju parut di salah satu sisinya. Gulung dan padatkan. Dikutip dari , waktu yang diperlukan untuk memasak bolu ini kurang lebih 60 menit.

Resep ini dapat menghasilkan 16 potong bolu. Bahan cake I: kocok telur, gula pasir halus, dan garam sampai mengembang. Masukkan tepung terigu, maizena, dan baking powder sambil diayak dan diaduk rata.

Masukkan campuran susu, margarin leleh, dan pewarna merah sedikit sedikit sambil diaduk rata. Tuang adonan ke dalam loyang bulat diameter 20 tinggi 4 cm yang dialasi kertas roti tanpa diolesi margarin. Kukus di dalam alat pengukus yang sudah dipanaskan di atas api sedang 15 menit sampai matang.

Belah cake menjadi 2 bagian. Lakukan hal yang sama untuk cake II. Ambil selembar cake putih . Oleskan buttercream. Tutup dengan cake hijau

Oleskan krim. Tutup dengan cake merah. Lakukan seterusnya sampai 4 lapis. Oleskan krim di bagian sisi cake. Taburi kelapa kering. Semprotkan bagian atas cake dengan krim putih dan hijau bergantian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like