Pemerintah Ungkap Penyebab Membeludaknya Pasien di Wisma Atlet pada Hari Pertama Dibuka

Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi Arya Sinulingga mengakui pasien corona yang datang ke Wisma Atlet Kemayoran membeludak pada hari pertama dibuka kemarin. Arya mengatakan sejak dibuka pada pukul 17.00 WIB, dalam waktu satu jam sekitar 30 pasien telah masuk ke dalam Rumah Sakit Darurat untuk pasien corona tersebut. "Ketika langsung dibuka setelah Pak Jokowi meresmikan tersebut pukul 17.00 WIB, rumah sakit mulai buka, ketika mulai dibuka nggak lama hanya dalam sejam langsung masuk sekitar 30 pasien," ujar Arya di Kantor BNPB Jalan Pramuka Raya, Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Arya mengungkapkan membludaknya pasien tersebut karena limpahan dari rumah sakit yang tidak bisa lagi menampung jumlah pasien. Dirinya meminta masyarakat untuk maklum, mengingat setelah masuk ke Wisma Atlet para pasien harus menjalani tes yang cukup panjang. "Mohon dimaklumi jadi tadi malam itu akhirnya jadi panjang agak lama karena itu butuh tes lab, tes swab, tes sebagian. Atas waktu itu butuh waktu," ucap Arya.

Selain itu, pelayanan kesehatan di Wisma Atlet juga tidak bisa secara serentak melayani pasien hingga 100 orang. Dirinya mengatakan saat ini fasilitas di Wisma Atlet tidak memungkinkan untuk memeriksa langsung 100 pasien. "Nggak mungkin kita ada 100 langsung bisa dilayani karena kita juga alatnya kan tidak sampai artinya tidak bisa langsung melayani sampai 100 Orang secara serentak," pungkas Arya.

Meski begitu, Arya berjanji pihaknya bakal meningkatkan kapasitas serta fasilitas untuk pasien corona di Wisma Atlet.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *