Menanti Kejutan di Camp Nou Barcelona vs Bilbao Liga Spanyol Blaugrana Kalah Lagi

Athletic Bilbao akan tandang ke markas Barcelona pada lanjutan pertandingan La Liga, kasta teratas Liga Spanyol, Rabu (24/6/2020) dini hari WIB. Pada laga Barcelona vs Bilbao yang akan berlangsung di Stadion Camp Nou ini, tentu saja tuan rumah lebih diunggulkan. Tabel pada klasemen sementara bisa jadi patokan. Saat ini, Barcelona tengah menempati posisi kedua dan bersaing dalam perebutan juara dengan Real Madrid.

Adapun Bilbao kini menempati posisi ke 10 dengan raihan 42 poin. Namun, kejutan bisa saja terjadi. Terlebih pada pertemuan pertama pada musim ini, Bilbao bisa mengatasi Barcelona pada partai pembuka La Liga dengan skor 1 0, tepatnya pada 17 Agustus 2019 lalu. Dikutip dari siaran pers yang diterima Kompas.com dari pihak La Liga, terakhir kali Bilbao mengalahkan Barcelona dua kali di liga dalam satu musim ialah pada 1987 1988.

Bilbao pun pernah menyingkirkan Barcelona pada perempat final Copa del Rey musim ini saat menang 1 0 di Stadion San Memes pada Februari lalu. Tak menutup kemungkinan Bilbao bisa mengulang kembali catatan apik tersebut pada laga dini hari nanti. Berikut lima hal yang bisa dilakukan oleh Athletic Bilbao agar bisa menang di Camp Nou:

Athletic tak membutuhkan penguasaan bola yang tinggi untuk mengalahkan Barcelona di musim ini. Di pertandingan pertama, penguasaan bola Athletic hanya 28 persen, lalu 32 persen di pertandingan dalam ajang Copa del Rey. Dalam dua pertandingan tersebut, mereka fokus untuk membatasi ruang gerak Barcelona sembari mencari peluang serangan balik ketika mereka memiliki kesempatan. Unai Nunez adalah pilihan ketiga untuk posisi bek tengah Athletic dan baru menjadi starter dalam 16 pertandingan di semua kompetisi musim ini.

Namun, dua dari 16 pertandingan tersebut berakhir kemenangan atas Blaugrana. Dalam dua pertandingan tersebut, dia bermain selama 90 menit dan bermain spektakuler. Ia juga dapat bermain dengan skema empat bek maupun tiga bek. Tentu saja ini lebih mudah dikatakan dibanding dilakukan. Namun, sejarah membuktikan bahwa jika Messi tak mencetak gol melawan Athletic, peluang Athletic untuk meraih tiga poin semakin tinggi.

Persentase kemenangan Barça melawan Athletic jika Messi mencetak gol adalah 81 persen; dan persentase tersebut turun hingga 47 persen jika ia tak mencetak gol. Jika Messi bermain bagus, pertandingan akan berat bagi tim asal Basque ini, yang kebobolan 24 gol dari 36 pertandingan oleh Messi. Satu faktor yang menguntungkan bagi Barcelona ialah pertandingan ini dimainkan di Camp Nou. Mereka masih tak terkalahkan sepanjang musim ini.

Blaugrana hanya gagal menang di dua pertandingan di Camp Nou dan hanya dua tim yang berhasil membawa pulang satu poin, yakni Slavia Praha di ajang Champions League, dan Real Madrid. Kedua tim berhasil meraih poin berkat strategi mereka untuk merusak aliran permainan Barça, dengan melakukan 17 pelanggaran. Jika Athletic memiliki peluang untuk mencetak gol, maka mereka akan berusaha melakukannya.

Pelajaran yang dapat dipetik dari dua pertandingan sebelumnya melawan Barcelona ialah tim asuhan Setien ini rawan kebobolan di menit akhir pertandingan. Pertemuan pertama mereka di La Liga ditentukan dengan gol telat dari Aritz Aduriz pada menit ke 89, sedangkan gol penentu di ajang Copa del Rey terjadi pada menit ke 90. Hal tersebut membuat Barça tak memiliki banyak waktu untuk mencetak gol balasan.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *