Masa Lalu Raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santosa Pernah Mengontrak di Pinggir Rel Kereta Api

Belakangan ini publik dihebohkan dengan kemunculan Keraton Agung Sejagatdi Dusun Pogung, Desa Juru Tengah, Kecamatan Bayan, Purworejo, Jawa Tengah. Raja Keraton Agung Sejagat, Totok Santosa diketahui pernahtinggal di kontrakanRT 012 RW 005 Ancol, Kampung Bandan, Pademangan, Jakarta Utara. Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah kanal YouTube KompasTV, Kamis (16/1/2020).

Lurah Ancol, Rusmin pun membenarkan kalau Toto pernah tinggal di kontrakan yang berada di pinggir rel kereta api. "Memang benar, dia pernah tinggal di kelurahan Ancol." "Persisnya di RW 005 RT 012," terang Rusmin.

Rusmi menyebut sesuai keterangan Ketua RT 012,Totok Santosa pernah tinggal di kontrakan dari tahun 2011 2012. Dengan demikian, menurut Rusmin yang bersangkutan ini hanya singgah sebentar bertujuan untuk memiliki KTP Ancol. Rusmin mengatakan status pekerjaan Totok merupakan wiraswasta

"Kadang di KTP juga disebutkan pekerjaan wiraswasta," ungkap Rusmin. Totok Santosa mengontrak di petakan semi permanen seluas 2×3 meter. Diketahui, Totok Santosa mengontrak sendiri.

KemunculanKeraton Agung Sejagatyang menghebohkan publik akan segera ditutup oleh Pemkab Purworejo. Asisten 3 Setda Bidang Administrasi dan Kesra Setda Purworejo, Pram Prasetyo Achmad menyatakan akan menutup seluruh kegiatanKeraton Agung Sejagatkarena terindikasi menyimpang. Adapun polisi telah menangkap RajaKeraton Agung SejagatSinuhun Totok Santosa dan istrinyaDyah Gitarja.

Hal itu disampaikan dalam video yang diunggah kanal YouTube KompasTV, Rabu (15/1/2020). "Pemerintah daerah bupati meminta agar kegiatan di Desa Pogung Ujung Tengah terkait dengan yang kemarin dijelaskan yaituKeraton Agung Sejagatuntuk dihentikan." "Sampai dengan seluruh hal terkait dengan kegiatan itu dipenuhi," terangPram Prasetyo Achmad.

Prammenuturkan selain menimbulkan keresahan dan kerawanan,Keraton Agung Sejagatitu juga terindikasi menyimpang. "Karena sudah menimbulkan dampak, baik keresahan dan kerawanan di masyarakat,”kata Pram Prasetyo. “Bupati sudah memerintahkan (bawahannya) kegiatan yang ada di Desa Pogung Ujung Tengah terkaitKeraton Agung Sejagatitu ditindak dan ditutup,” imbuhnya.

Pram Prasetyo menjelaskan bersama pihak terkait akan terus mendalami hal hal yang menyangkut kegiatanKeraton Agung Sejagat. Sebelumnya, Kapolda Jawa Tengah Irjen Rycko Amelza Dahniel telah menindaklanjuti penangkapanSinuhun Totok Santosadan Dyah Gitarja yang mengklaim sebagai raja dan ratuKeraton Agung Sejagat. PoldaJawa Tengahakan menyelidiki sejumlah hal terkait legalitas kerajaan yang diklaim dipimpinsepasang suami istri tersebut.

Menurut keterangan Rycko Amelza Dahniel, ada sejumlah aspek yang akan diperiksa terkait legalitas pendirian keraton. ''Kami akan mempelajari dari berbagai aspek pertama dari aspek legalitas." "Kemudian yang kedua dari aspek sosial aspek kultural juga akan kita pelajari aspek kesejarahan, akan pelajari semua," terangIrjen Rycko Amelza Dahniel.

Irjen Rycko menuturkan saat ini baru akan mulai pengumpulan data data terkait legalitas hingga sejarah. Ia menyebutkan pemeriksaan dilakukan dengan pengumpulan data dan klarifikasi ke pihak pihak yang bersangkutan. Kepolisian juga mendalami motif apa dibalik kemunculanKeraton Agung Sejagat.

Kini,Polda Jawa Tengah telah mengirimkan tim ke Kabupaten Purworejo untuk melakukan sejumlah pemeriksaan terkait kehadiranKeraton Agung Sejagat. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu apa sebenarnya kelompok tersebut.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *