Lewat Telepon, Presiden Moon Jae-in Beri Dukungan Jokowi Bisa Lewati Pandemi Virus Corona

Presiden Korea Selatan Moon Jae in dan Presiden Indonesia Jokowi terlibat pembicaraan via telepon selama 20 menit pada Selasa 21 April 2020. Keduanya berbincang terkait penanganan virus corona atau Covid 19. Moon menyakinkan Jokowi, kunci penanganan pandemi itu adalah kerja sama antara pemerintah dan warganya.

"Saya mendengar Indonesia sedang mengalami lonjakan kasus terinfeksi wabah COVID 19 dan kematian sehingga Pemerintah Indonesia mengerahkan segala upaya untuk mengatasinya, salah satunya dengan menetapkan status bencana negara. Saya yakin Indonesia akan segera mengatasi wabah COVID 19 ini dengan kerja sama yang baik antara Pemerintah dan rakyatnya di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi," ujar Presiden Moon dalam keterangan itu. Masih dalam keterangan itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan harapan agar Indonesia dan Republik Korea dapat mengimplementasikan komitmennya, baik untuk kerja sama dalam penanganan krisis corona saat ini, maupun kerja sama ekonomi yang selama ini dijalani kedua negara untuk menghadapi krisis pasca corona. Sebelum mengakhiri pembicaraan telepon kali ini, Presiden Moon mengutip sebuah peribahasa Indonesia yang berbunyi, 'Ringan sama dijinjing, berat sama dipikul.

Ia menyampaikan harapannya agar terus melakukan komunikasi intensif dan mempererat kerja sama di tengah masa sulit akibat Covid 19.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *