Korea Utara Turunkan Lukisan Ayah & Kakek Kim Jong Un di Alun-alun penting Kota Pyongyang

Lukisan kakek Kim Jong Un, yaitu Kim Il Sung dan ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, diturunkan dari area potret di alun alun utama Kota Pyongyang, Korea Utara. Dilansir , penurunan kedua lukisan itu dikabarkan karena akan dilakukannya renovasi besar besaran. Mengabarkan, dari apa yang tertangkap citra satelit, dek observasi utama yang digunakan oleh Kim untuk menonton parade militer di Lapangan Kim Il Sung juga dihancurkan.

Terakhir kali area potret di alun alun diubah adalah pada 2012. Saat itu lukisan Kim Jong Il yang tersenyum ditambahkan setelah ayah Kim Jong Un itu meninggal. Renvasi di alun alun tampaknya merupakan bagian dari rencana untuk menjadikan Pyongyang tuan rumah perayaan peringatan 75 tahun berdirinya Partai Buruh Korea.

Peringatan itu diadakan pada 10 Oktober. Gambar gambar satelit resolusi tinggi menunjukkan sebuah derek besar di dekat area pengamatan di mana para pejabat senior biasanya menonton parade militer, di mana sisi barat alun alun tertutup untuk lalu lintas kendaraan. Pada bulan Desember, Kim "mengkonfirmasi bahwa dunia akan menyaksikan senjata strategis baru yang akan dimiliki oleh DPRK dalam waktu dekat."

Beberapa pengamat berspekulasi bahwa senjata itu akan dipertontonkan dalam acara 10 Oktober mendatang. Tetapi analis lain berspekulasi Kim mungkin merujuk pada kapal selam rudal balistik, yang mungkin sudah selesai dan siap diuji sebelum parade. Pada hari Jumat, sumber sumber diplomatik mengatakan kepada outlet berita bahwa masih belum jelas apakah orang asing diperbolehkan menyaksikan acara peringatan tersebut.

Sementara itu, Kim Jong Un kembali tak terlihat selama setidaknya 2 minggu, mengabarkan. Tak terlihatnya Kim Jong Un di publik membuat intelijen Amerika Serikat hanya bisa menduga Kim baik baik saja. Sebelumnya, Korea Utara merilis foto foto Kim Jong Un yang muncul di peresmian pabrik pupuk setelah 3 minggu menghilang.

Kim Jong Un terlihat memotong pita merah. Sang adik, Kim Yo Jong juga ada di dekatnya. Munculnya Kim Jong Un tanggal 1 Mei itu sekaligus menepis rumor bahwa ia sakit keras dan bahkan meninggal dunia.

Namun, sejak saat itu, Kim Jong Un tak pernah lagi terlihat. "Kim Jong Un nampaknya pergi keluar memotong pita di peresmian pabrik," ucap Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Robert O'Brien kepada wartawan di Washington, Selasa (12/5/2020) lalu, melaporkan. "Jadi, begitulah, kami pikir ia baik baik saja."

Namun O'Brien menyebut pihaknya tidak bisa memverifikasi foto foto Kim Jong Un yang banyak beredar di media sosial. "Sangat sulit mendapat informasi dari Korea Utara." "Mereka tidak terlalu terbuka dengan informasi."

"Tetapi mereka terkadang merilis foto Kim Jong Un yang sehat dan kami hanya bisa menganggapnya foto itu benar." Rumor tentang kesehatan Kim muncul pertama kali karena ia melewatkan acara peringatan ulang tahun ke 108 kakeknya, Kim Il Sung, pada 15 April lalu. Ia kemudian muncul pada 1 Mei.

Tetapi foto foto dari acara tersebut memicu teori teori konspirasi bahwa Kim mungkin menggunakan body double atau "pengganti".

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *