Bisnis

Konsumsi Listrik Sektor Pertanian Tertinggi Selama Pandemi

PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyatakan, terjadi peningkatan konsumsi listrik sektor pertanian jadi yang tertinggi selama pandemi corona atau Covid 19. Direktur Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Bob Saril mengatakan, pertumbuhan konsumsi listrik di sektor pertanian jadi yang tertinggi, meski pertumbuhan ekonomi kuartal II minus 5,32 persen. "Pertanian tumbuh 16 persen pada kuartal II, ekonomi minus 5 Persen. Ini kita dorong terus, PLN harus hadir disitu," ujarnya di Kantor Pusat PLN, Jumat (4/9/2020).

Menurutnya, perseroan mendorong petani tidak hanya untuk meningkatkan produksi besar, tapi juga bisa menghemat energi dengan menggunakan listrik. "Di samping itu, kita kurangi diesel, bahan bakar minyak. Pakai listrik bisa ada penghematan 60 persen," kata Bob. Sementara itu, Bob menjelaskan, pertumbuhan konsumsi listrik nomor dua setelah pertanian sekira 9 persen hingga 12 persen.

"Listrik rumah tangga kita perhatikan ada kenaikan 9 persen hingga 12 persen. Kemudian, untuk industri sudah naik dari April dan Mei, tapi belum mencapai sebelum pandemi Covid 19," pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *