Kondisi Terkini Dokter Handoko Gunawan Diungkap Keluarga, DPRD Dorong Pemerintah Berikan Apresiasi

Di tengah kekhawatiran akan berkembangnya Covid 19 atau virus corona, kisah inspiratif Dokter Handoko Gunawan patut diteladani. Dokter Handoko Gunawan viral lantaran masih menangani langsung pasien kasus corona walau usianya memasuki 80 tahun. Dokter Handoko Gunawan yang sebelumnya disebut bekerja tak kenal lelah hingga dini hari, sempat dikabarkan menjalani perawatan medis.

Informasi yang beredar, dokter Handoko Gunawan dirawat karena kelelahan. Keluarga dokter Handoko Gunawan pun memberikan pernyataan resmi kepada masyarakat dan beredar di media sosial. Pemilik akun Twitter @beefburgerlady yang turut mengunggah pernyataan tersebut membenarkan pernyataan bersumber dari keluarga dokter Handoko Gunawan.

Kondisi dokter Handoko Gunawan disebut tengah mendapat penanganan medis. "Dr Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten," ungkap pihak keluarga melalui pernyataan tersebut. Dokter Handoko Gunawan juga disebut dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik meski dibatasi.

Pihak keluarga juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang memberikan dukungan dan semangat. "Kami keluarga besar Dr Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar besarnya atas perhatian, simpati dan doa doa yang dipanjatkan, baik dari teman teman, kerabat, netizen, dan seluruh lapisan masyarakat," tulis keterangan tersebut. Ketua Fraksi Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DPRD DKI Jakarta, Idris Ahmad mengungkapkan, pemerintah harus memberikan apresiasi terhadap tenaga medis yang berdedikasi tinggi dalam penanganan pasien positif Covid 19 atau virus corona.

Hal ini diungkapkan Idris menanggapi viralnya dokter Handoko Gunawan berusia usia 80 tahun, tapi tetap terjun langsung menangani pasien kasus virus corona. Menurut Idris, apa yang dilakukandokter Handoko Gunawan dapat meningkatkan solidaritas masyarakat Indonesia. "Menjadi inspirasi untuk meningkatkan solidaritas bersama dalam melewati pandemi Covid 19 di Indonesia," ujarnya.

Namun, Idris menekankan keselamatan tenaga medis harus terjamin. Hal ini berkaitan dengan dilengkapinya tenaga medis dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai. "Hal yang harus dipastikan mereka dapat didukung perlengkapan seperti APD agar keselamatan mereka tetap terjamin," imbuh Idris.

Diketahui media sosial diramaikan dengan kisah penuh dedikasi seorang dokter yang menangani kasus Covid 19 di indonesia. Ia adalah dokter Handoko Gunawan. Di usianya yang memasuki usia 80 tahun, dokter Handoko Gunawan masih turun langsung menangani pasien kasus corona.

Perjuangan tak kenal lelah dokter Gunawan viral setelah diunggah akun Facebook Noviana Kusumawardhani, Selasa (17/3/2020). Dokter Handoko Gunawan tampak mengenakan pakaian Alat Pelindung Diri (APD) lengkap dari sepatu hingga masker. Unggahan tersebut menyebutkan dokter Handoko Gunawan bekerja hingga pukul 03.00 WIB dini hari.

"Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yang handle covid 19 Dokter Handoko Gunawan ahli paru di Graha Kedoya. Usia sudah mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi karena dokter yang muda banyak yang takut. Anak anaknya udah saranin jangan ikut terjun karena sudah tua tapi katanya kalau dia mati juga gapapa.

Mestinya kita mulai start berita berita seperti ini ya daripada nebarin ketakutan terus. Beliau adalah dokter Handoko Gunawan, dokter spesialis penyakit paru di RS Graha Kedoya. Alumni SMAK I. Pengabdiannya luar biasa utk kemanusiaan. #pahlawancovid19," tulisnya.

Unggahan tersebut sontak mendapat tanggapan positif dari warganet. Bahkan nama dokterHandoko Gunawan sempat trending di Twitter, Selasa malam. Banyak yang mendoakan Doker Handoko Gunawan senantiasa diberikan kesehatan.

"Luar biasa pengabdiannya utk kemanusiaan. Semoga tetap sehat," ucap Gusti Ngurah Putra. "Insya Allah dr. Handoko Gunawan selalu sehat dan kuat….. aamiin aamiin aamiin," tulis Yuni Mustani. Hal senada juga diungkapkan akun Belinda Arunarwati Margono.

"Semoga pak dokter selalu dalam lindunganNya," tulisnya. "Semoga selalu diberi kesehatan bagi semangat menyembuhkan," tulis akun Christantiowati Christ. Hingga Selasa (17/3/2020) malam, data global menunjukkan sudah ada 163 negara yang mengonfirmasi kasus virus corona di wilayahnya.

Virus ini tercatat menginfeksi 188.334 warga dunia. Pasien yang meninggal dunia berjumlah 7.499 orang. Sedangkan pasien sembuh tercatat sebanyak 80.848 orang.

Sementara di indonesia, juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona, Achmad Yurianto, mengungkapkan dalam konferensi pers mengungkapkan pasien positif covid 19 bertambah menjadi 172 kasus. "Total saat ini 172 kasus, di mana kasus meninggal tetap 5," ungkap Yuri dilansir siaran langsung Youtube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa (17/3/2020). Sedangkan 9 pasien dinyatakan sembuh.

"Secara umum kondisi yang dirawat membaik, pasien yang dilaporkan sembuh berjumlah 9 orang," ujar Yuri.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *