Kombinasi Super Marc dengan RC213V Berbuah Manis Marc Marquez Tebar Ancaman di MotoGP 2020

Meski race perdana MotoGP 2020 belum dimulai, pembalap Repsol Honda telah menebar ancaman yang ditujukan kepada pembalap lainnya. Marquez menyebut dirinya telah berhasil menyesuaikan gaya balap yang ia miliki dengan 'liarnya' motor Repsol Honda, RC213V. Apa yang dilontarkan oleh Marc Marquez bukanlah omong kosong semata.

Terbukti pada hasil latihan bebas keempat (FP4) yang telah berlangsung Sabtu (18/7/2020) berbuah manis bagi pembalap asal Spanyol tersebut. Marc Marquez berhasil menduduki posisi pertama pada FP4 setelah mencatkan waktu 1 menit 37,837 detik. Pembalap andalan tim oranye Jepang itu mengungguli Maverick Vinales dari tim Monster Energy Yamaha, yang berada di peringkat kedua dengan catatan 1 menit 37,838 detik.

"Di FP4, kecepatan balapan benar benar bagus, hal yang paling sulit adalah menjaga ritme untuk tetap statis dalam bentuk terbaiknya," tutur Marc Marquez, dikutip dari laman Apa yang diungkapkan oleh Marc Marquez merupakan kabar bahagia bagi Honda. Repsol Honda memang sempat dipusingkan dengan hasil sesi tes pra musim lalu sebelum kuncian akibat pandemi Covid 19.

Marc Marquez yang merasa RC213V nya mengalami penurunan kecepatan sampai 'ngamuk ngamuk' ke tim Honda. Namun seiring dengan riset dan perkembangan kembali yang dilakukan, senyum telah mengembang dari Marc Marquez untuk kecepatan yang dimiliki motornya tersebut. Lebih lanjut, ia memberikan tebaran 'ancaman' kepada pembalap lainnya.

Secara spesifik, pembalap andalan Honda itu juga memberikan psywar kepada Yamaha. Di mana ia menyebut para pembalap Movistar harus mengetahui level kecepatan yang mereka miliki sangatlah jauh berbeda jika dibandingkan dengan Honda. "Besok (hari ini red) merupakan hari yang sangat penting bagi para pembalap. Saya menekankan kepada Yamaha yang telah mengalami banyak perkembanganm, saya pikir mereka harus kembali melihat perbedaan level dengan kita, itus angat jelas sekali," tambahnya memberikan psywar.

Perbedaan kualitas yang dimiliki Yamaha dan Honda secara tidak langsung diamini oleh rider Petronas SRT, Fabio Quartararo. Rookie asal Nice Prancis itu menyebutkan di atas kertas Honda dan Marc Marquez menjadi unggulan untuk meraih podium di seri Jerez kali ini. "Melihat kecepatan Marc, adalah hal yang sulit untuk melepaskan diri dari kejarannya."

"Jujur saya katakan bahwa Marc Marquez telah jauh lebih cepat dari kita," tambah pembalap yang berjuluk El Diablo itu. Race perdana MotoGP 2020 akan berlangsung di Sirkuit Jerez Angel Nieto, Minggu (19/7/2020). 15.05 WIB: Race MotoE (7 lap)

16.00 WIB: Race Moto3 (22 lap) 17.20 WIB: Race Moto2 (23 lap) 19.00 WIB: Race MotoGP (25 lap)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *