Kisah Marcelo Bielsa dengan Ember Duduknya di Tepi Lapangan

Marcelo Bielsa, sosok pelatih yang membawa Leeds United kembali ke Liga Premier Inggris sejak 16 tahun lalu. Bielsa sukses membawa Leeds United musim ini ke Liga Premier Inggris setelah dua musim berada di Elland Road, markas The Whites Leeds United. Laga perdana Liga Inggris musim ini, Leeds United menghadapi sang jawara musim lalu Liverpool.

Laga menarik tersaji di Anfield Stadium, bagaimana proses tujuh gol tercipta pada malam itu. Sayang, aksi saling balas gol tersebut harus di akhir Mohamed Salah jelang waktu normal berakhir melalui titik putih yang berujung kemenangan untuk tim asuhan Jurgen Klopp. Pemandangan tak biasa saat Marcelo Bielsa duduk di tepi lapangan di atas ember duduknya.

Dalam pemberitaan Goal Internasional, ternyata hal itu sudah menjadi kebiasaan bagi pelatih asal Argentina itu saat menemani timnya bertanding. Saat masih menjadi juru taktik Marseille, Bielsa duduk di atas kotak pendingin es. Namun berbeda ketika di Leeds United, tim memberikannya sebuah ember saku yang disesuaikan untuk diduduki, lengkap dengan busa tebal dan logo Leeds United.

Di awal masa jabatannya melatih The Whites, Bielsa pernah mengungkapkan dengan malu malu, "Anda ingin saya memberi tahu Anda lebih dari apa itu ? Itu hanya ember. "Tidak ada yang perlu saya tambahkan. Ini ember yang nyaman," kata Bielsa. Namun dalam sebuah teori, masih dalam pemberitaan di atas menyebutkan, Bielsa duduk di atas ember itu untuk melihat geliat tanah yang lebih baik, yang lebih dalam dari pada tingkat lapangan.

Alasan lain mengapa pelatih yang memiliki julukan 'El Loco' ini duduk di atas ember karena dia harus mengatasi sakit punggung. Menurut Guillem Balague, pembawa acara siaran langsung Football Daily BBC Radio 5 yang berbicara soal film dokumenter BB tentang Bielsa mengatakan, mantan pelatih Athletic Bilbao itu duduk di ember demi kenyamanan setelah berjalan kaki setiap hari yang melelahkan ke kantor. "Dia (Bielsa) berjalan sejauh empat mil dari rumahnya ke tempat latihan," kata Balague.

"Jalannya yang intens selama pertandingan dan saat saat dia berjongkok di atas apa yang tampak seperti ember plastik adalah caranya untuk mengatasi sakit punggung yang tidak pernah hilang sejak dia menjadi pemain," tambahnya. Ember duduk yang digunakan Bielsa sudah seperti icon bagi penggemar Leeds United. Bahkan toko merchendise resmi Leeds United menghadirkan ember duduk Marcelo Bielsa versi replika.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *