Kemungkinan Kehidupan Normal setelah Pandemi, Ahli Paru: New Normal Ini Menunggu Normal Sebenarnya

Dokter spesialis paru yang sekaligus Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Reviono, memberikan tanggapannya terkait fase new normal atau tatanannormal baru di tengah pandemi virus corona. Menurut dia, apa yang dimaksud new normal mungkin adalah keadaan di mana manusia bisa hidup dalam kondisi normal sebenarnya sebelum ada pandemi. Dia mengatakan keadaan ini bisa menjadi normal kembali seperti saat sebelum terjadinya pandemi virus corona.

"Karena apa? Karena selama ini pandemi ataupun wabah baik yang baru baru ini seperti MERS dan SARS." Sebagai informasi, virus corona jenis lain yakni Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan Middle Eastern Respiratory Syndrome (MERS) juga sempat menggegerkan dunia. SARS pernah merebak di China pada 2003 lalu, ditularkan melalui kucing luwak.

Sedangkan, MERS pernah merebak di Arab Saudi pada 2012 lalu, ditularkan melalui hewan unta. Sementara virus H1N1 atau flu Spanyol yang mewabah pada 1918 disebut sebagai pandemi terparah yang menyebar cepat dan mematikan. Mengutip dari , pandemi ini diperkirakan menginfeksi sepertiga populasi dunia dan menewaskan 50 juta orang, atau sekitar 10 persen dari jumlah penderita.

Hal itu membuat flu Spanyol didapuk sebagai pandemi terburuk sepanjang sejarah. Menurut Reviono, meski virus virus tersebut masih ada hingga saat ini, namun penyebarannya sudah bisa dikendalikan. Lantaran hal itu, ia beranggapan pandemi virus corona ini juga akan mereda seiring berjalannya waktu.

"Nah sekarang mungkin yang dimaksud new normal ini menunggu normal beneran, mungkin begitu," ungkap Reviono. Diberitakan sebelumnya, new normal digaungkan di tengah pandemi virus corona yang kian meluas dan menginfeksi jutaan orang di dunia, termasuk Indonesia. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk dapat hidup berdamai dengan Covid 19.

Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19, Wiku Adisasmita, mengatakan new normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal. Namun, perubahan ini ditambah dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid 19. Yakni mengedepankan pola hidup bersihserta sehat seperti rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir.

Menjaga jarak fisik pada saat kontak dengan orang lain atau penerapan physical distancing . Serta membiasakan menggunakan masker pada saat ke luar rumah.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *