Ini Tips Mencegahnya dari Dokter Nina Handayani Mata Jadi Pintu Masuk Penyebaran Virus Corona

Selama ini diketahui mata menjadi satu pintu masuk penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid 19). Dokter spesalis mata, Dr dr Nina Handayani SpM (K) menjelaskan Covid 19 yang menyebar melalui droplet kemudian masuk ke saluran pernapasan baik melalui mulut, hidung, atau mata. Sehingga orang yang sehat dapat tertular Covid 19 melalui cara yang demikian ini.

"Virus Covid 19 melalau droplet itu, seperti ludah partikel kecil yang keluar dari saluran pernapasan." Nina melanjutkan, penularan Covid 19 melalui mata dapat dicegah dengan menjaga mencuci tangan sebelum memegang bagian wajah termasuk mata. Dokter asal Kota Malang ini juga menegaskan, tangan yang kotor dapat menyebabkan penyakit mata lainnya.

"Tidak hanya virus Covid 19 saja, tapi bakteri atau virus lainnya yang bisa menyebabkan penyakit akibat dari tangan yang kotor," imbuhnya. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah penyebaran virus, kuman atau bakteri masuk ke dalam mata adalah dengan mencuci tangan secara baik dan benar. Mencuci tangan selama minimal 20 detik dan menggunakan hand sanitizer, Nina katakan dua cara tersebut sudah cukup untuk pencegah penularan bebagai virus, termasuk Covid 19.

Sedangkan untuk para tenaga medis, face shield dan alat pelindung diri (APD) berstandar merupakan cara melindungi diri dari ancaman penyebaran virus yang menyerang sistem pernapasan ini. "Tenaga medis memang, kalau akan melakukan tindakan atau memeriksa pasien dilengkapi face shield yang menutupi seluruh permukaan wajah, atau pakai kaca mata google sebagai langkah proteksi diri," tandasnya. Mencuci tangan yang baik dan benar merupakan upaya untuk mencegah virus corona atau Covid 19.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyarankan cuci tangan agar meminimalisir terinfeksi covid 19. Selain itu, WHO juga merilis cara mencuci tangan yang baik dan benar, hanya butuh sekira 60 detik. 1. Bersihkan tangan dengan air.

2. Tuangkan sabun secukupnya hingga menyeluruh. 3. Gosok kedua telapak tangan. 4. Telapak kanan di atas punggung tangan kiri dengan jari saling terkait, dan sebaliknya.

5. Gosokkan kedua telapak tangan dengan jari saling terkait. 6. Kedua telapak tangan saling berhadapan, kemudian jari saling mengunci. 7. Gosok jepol kiri memutar sambil digenggam telapak tangan kanan, dan sebaliknya.

8. Jari kanan mengunci pada telapak kiri, gosok memutar, ke belakang dan kedepan, lakukan bergantian. 9. Bilas tangan dengan air mengalir. 10. Keringkan dengan tisu sekali pakai.

11. Gunakan tisu untuk mematikan keran. 12. Tangan sudah aman. Menurut WHO, cara cuci tangan ini dilakukan ketika tangan tampak kotor.

Jika tidak, bisa menggunakan cairan antiseptik. Untuk lebih jelasnya bisa simak gambar pada Tweet di bawah ini. Selain itu, pemerintah melalui laman resminya Covid19.go.id juga merilis cara mencuci tangan yang baik.

1. Basahkan tangan dengan air mengalir. 2. Sabuni tangan 3. Gosok semua permukaan tangan, termasuk telapak dan punggung tangan, sela sela jari dan kuku, selama minimal 20 detik.

4. Bilas sampai bersih dengan air mengalir. 5. Keringkan tangan dengan kain bersih atau tisu pengering tangan yang harus dibuang ke tempat sampah segera setelah digunakan. Memcuci tangan harus dilakukan ketika akan makan, setelah batuk atau bersin, sebelum menyiapkan makanan, saat ke kamar mandi.

Jadikan kebiasaan untuk mencuci tangan pakai sabun setelah dari luar rumah atau sebelum memasuki sekolah atau tempat lain dengan anak. Bila sabun dan air mengalir tidak tersedia, gunakan cairan pembersih tangan yang berbahan alkohol (minimal 60 persen). Sebagai informasi tambahan, Dikutip dari laman berikut cara pencegahan virus corona:

Sering mecuci tanganmenggunakansabun. Gunakan masker bila sedang batuk atau pilek. Konsumsi gizi seimbang, dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah.

Hati hati saat kontak dengan hewan. Rajin olahraga dan istirahat cukup. Jangan mengonsumsi daging yang tidak dimasak.

Bila batuk, pilek, dan sesak napas segera datang ke fasilitas kesehatan. 1. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit. 2. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda.

3. Tetap berada di dalamrumah saat sedang sakit. 4. Tutupi mulut saat batuk atau bersin dengan tisu, lalu buang tisu ke tempat sampah. 5. Bersihkan benda dan permukaan yang sering disentuh menggunakan semprotan pembersih rumah.

6. CDC tidak merekomendasikan memakai masker wajah untuk melindungi diri dari penyakit pernapasan, termasuk COVID 19. Masker wajah harus digunakan oleh orang yang terkena gejala COVID 19 untuk membantu mencegah penyebaran penyakit kepada orang lain. Penggunaan masker wajah juga penting untuk petugas kesehatan dan orang yang merawat pasien di rumah atau di tempat perawatan kesehatan.

7. Sering seringlah mencuci tanganmenggunakansabun dan air selama 20 detik. Terutama setelah pergi ke kamar mandi, sebelum makan, dan setelah batuk, atau bersin. Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan pembersih tangan berbasis alkohol dengan setidaknya 60% alkohol.

Selalu cuci tanganmenggunakan sabun dan air jika tangan tampak kotor.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *