Gaji ke-13 PNS Cair Akhir Tahun Batal Diberikan Juli 2020 Berapa Besarannya

Kementerian Keuangan melalui Staf Khusus Menteri Keuangan, Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo, memastikan bahwa gaji ke 13 baru akan dibahas di akhir tahun 2020. Dipastikan, Gaji ke 13 untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pensiunan batal cair pada Juli 2020 dan akan cair akhir tahun 2020. Awalnya gaji ke 13 tersebut akan cair saat tahun ajaran baru.

"Untuk gaji ke 13, pembahasannya baru akan dilakukan di bulan Oktober atau November 2020," ujar Yustinus dilansir dari Kontan. Tak hanya waktu pencairan, Besaran Gaji ke 13 pun juga belum pasti karena memang belum dibahas. "Mengenai besaran dan lain lain belum ada pembahasan, karena pemerintah masih fokus ke penanganan COVID 19," kata Yustinus.

Apabila pembahasan baru dilakukan pada akhir tahun mendatang, maka pencairan gaji ke 13 akan mundur dari jadwal biasanya. Yustinus memastikan kembali gaji ke 13 tahun 2020 akan cair karenasudah dianggarkan. "Untuk besaran dan lain lain mohon ditunggu, belum diputuskan ya. Semoga yang terbaik buat para ASN," ujarnya, kemarin.

Rincian gaji ke 13 sudah pasti meliputi gaji pokok, tunjangan melekat, dan tunjangan kinerja. Hal inimembuat Gaji ke 13 besarannya biasanya lebih besar ketimbang THR. Kebijakan mengenai Gaji ke 13PNS ini diatur dalam PP Nomor 35 Tahun 2019.

Besaran THR PNS tahun ini Keputusan pencairan THRASN tertuang dalam Surat Menteri Keuangan Nomor S 343/MK/.02/2020 yang ditujukan kepada MenteriPANRB tersebut. Dalam surat tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani melakukan beberapa perubahan mengenaipemberian THR kepada PNS, prajurit TNI, anggota Polri, pejabat negara, hingga para penerimapensiun. Hal ini karena saat ini fokus pemerintah untuk menangani pandemi virus corona atau COVID 19.

Sri Mulyani mengatakan, yang mendapatkan THR hanyalah PNS level eselon III ke bawah, itu punbesarannya tak penuh sebagaimana tahun tahun sebelumnya. Sedangkan eselon I, II serta pejabat lainnya tidak mendapatkan THR.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *