China Klaim Laut Natuna, Wakil Ketua Komisi I DPR Minta Tindak Tegas Kapal yang Melintas Tanpa Izin

Situasi panas di Perairan Laut Natuna mendapat berbagai macam tanggapan. Satu di antara tanggapan tersebut datang dari Wakil Ketua Komisi 1 DPR Abdul Kharis Almasyhari. Abdul Kharis menyebut, apabila ada pihak yang tidak kompak dalam menghadapi konflik ini akan dimanfaatkan pihak berkepentingan.

Kata Abdul, Anggota DPR semua kompak dan sepakat bahwa sebagian besar pendapat teman teman di DPR mengatakan bahwa kita harus mempertahankan Kedaulatan negara kita. Berdasar penuturan Abdul, sebagian Anggota DPR kompak dan sepakat terkait mempertahankan Kedaulatan Negara Indonesia. "Berkaitan dengan Natuna kita tindak tegas mereka yang melintas tanpa seizin dari pemerintah Indonesia," tambahnya.

Dalam menyikapi konflik yang terjadi di Laut Natuna, DPR meminta agar Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto kompak. Terkait konflik wilayah yang terjadi di Kepulauan Riau itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi angkat bicara. Ia dengan tegas mengatakan,Indonesia tidak pernah akan mengakui 9 dash line

Retno menerangkan, klaim sepihak oleh China tidak memiliki alasan hukum yang diakui oleh Hukum Internasional. "Tidak memiliki alasan hukum yang diakui oleh Hukum Internasional, terutama satu bagian dari UNCLOS United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS) 1982," jelasnya. Lebih lanjut, dalam rapat koordinasi di Kemenkopolhukam, Retno menyampaikan agar posisi Indonesia diperkuat dalam menyikapi situasi di Laut Natuna.

Ia menegaskan, telah terjadi pelanggaran oleh kapal kapal China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI). Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Indonesia, Prabowo Subianto angkat bicara terkait masuknya kapal laut asing di perairan Laut Natuna Utara. Prabowo Subianto menegaskan, akan akan menyelesaikan situasi panas ini dengan baik.

"Bagaimanapun China adalah negara sahabat," katanya. Saat ditanya oleh rekan media soal penambahan personel, Prabowo berseloroh untuk santai. "Kita cool saja, santai," tuturnya.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *