Cerita Lulusan Bintara TNI AL Cium Kaki Ibundanya Usai Dilantik

Tangis mengharukan mengiringi pelantikan 213 siswaBintaraTNI ALtingkat pertama angkatan XXXIX tahun 2020 di Komando PendidikanLatihan TNI AL (Kodiklatal) Surabaya, Senin (9/3/2020). Para siswa yang behasil menyandang gelar Sersan Dua (Serda) di TNI AL itu saling sesenggukan. Mereka terus menangis haru begitu orang tua mereka menghampiri lalu memeluk lembut putra putrinya yang berhasil lulus jadianggotaTNIALini.

Air mata pun tak tertahankan dan pecah saat anak dan orang tua itu bertemu dalam momen bersejarah bagi siswa Pendidikan PertamaBintara(Dikmaba) TNI AL tahun ini. Setelah melalui perjuangan keras, mereka berhasil lulus menjadi prajurit TNI AL. Tangis haru makin terasa saat di antara siswa Dikmaba yang lulus itu meraih kaki orang tua mereka.

Mereka banyak yang mencium kaki kedua orang tuanya dalam posisi bersujud. "Terima kasih Ibu.. Bapak.. " ucap Farhan Dhiyaul Haq dengan suara lirih sambil terus menangis haru. Farhan adalah salah satu siswaBintaraTNI AL yang berhasil menjadi prajurit.

Kedua orang tuanya, Muhammad Ilyas dan Yuli Runik jauh jauh dari Padang ingin menyaksikan anaknya diambil sumpah sebagai prajurit TNI. "Saya bangga melihat anak saya,…" ucap Runik yang tak bisa melanjutkan kalimatnya karena tangis harunya. Farhan yang lulusan SMAN 15 Padang berhasil jadianggotaTNIAL.

Ada suasana bangga yang nyata saat ratusan orang tua menunggu prosesi pelantikan putra putrinya. Setelah lulusan SMA, mereka mendaftar dan diterima di TNI AL. Namun harus lebih dulu berjuang keras di Dikmaba selama hampir setahun. Mereka pun lulus dan langsung dilantik dan diambil sumpah langsung oleh Komandan KodiklatalLaksda TNI Nurhidayat.

"Mereka harus siap ditugaskan dimana pun. Mereka tulang punggung TNI AL," kata Nurhidayat. Yang bikin bangga Nurhidayat adalah dari 213Bintaraitu, 25 di antara adalah prakurit perempuan. Bahkan lulusan terbaik juga perempuan. Yakni Aulia Ayu Nur dari SMAN 8 Surabaya. (Nuraini Faiq)

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *