Beserta Resep Jengkol Bumbu Merah Cara Membuat Semur Jengkol yang Lezat & Empuk

Simak cara membuat semur jengkol yang lezat dan empuk, lengkap beserta resep jengkol bumbu merah. Jengkol sering kali diolah menjadi semur, dengan kuah pedas dan manis yang lezat. Untuk menambah cita rasa semur jengkol, jengkol harus diolah dengan cara yang benar hingga empuk dan meresap bumbunya.

1. Pilih jengkol yang tua Syarat agar semur jengkol enak adalah pilih jengkol yang tua. Jengkol yang tua pasti rasanya lebih legit dan mudah empuknya.

2. Rebus jengkol agak lama Setelah dicuci bersih, jengkol harus kita rebus dalam air untuk waktu yang cukup lama kira kira setengah jam dari air mendidih. Perebusan membuat jengkol empuk dan juga berkurang aroma khasnya.

Jika aroma khas jengkol berkurang, otomatis aroma semur akan lebih dominan dan semur jengkol akan menjadi semakin lezat. 3. Geprek jengkol Setelah direbus, jengkol bisa langsung dikupas kulitnya dan geprek satu persatu.

Jengkol yang tua akan semakin legit setelah digeprek. Menggeprek jengkol bisa dilakukan di atas cobek. Geprek secukupnya sampai jengkol agak memar dan merekah.

Jika sudah digeprek, nantinya jengkol akan lebih mudah menyerap bumbu. 4. Gunakan bumbu rempah dalam jumlah banyak Setelah digeprek, jengkol akan direbus kembali bersama bumbu semur.

Tiap tiap daerah memiliki resep bumbu semur yang sangat beragam, tetapi bumbu semur yang paling dasar hanya menggunakan bumbu halus berupa bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan serai. Nantinya ketika bumbu halus sudah ditumis, Anda bisa menambahkan irisan bawang merah, lengkuas geprek, jahe geprek, daun salam, serai dan kecap manis. Selain itu, ada juga yang menambahkan kapulaga, kayumanis, pekak, jinten dan bumbu rempah lainnya.

Tidak masalah untuk menambahkan bumbu rempah lainnya, karena jika ingin semur jengkol memiliki aroma yang kuat dan bumbu meresap, jangan pelit menambahkan rempah. Perbanyak jumlah rempah dalam resep supaya rasa dan aroma semur jengkol semakin lezat. 5. Rebus dalam waktu lama

Merebus jengkol dalam bumbu semur harus dilakukan dalam waktu yang lama. Jadi sebaiknya gunakan api kecil selama memasak. Minimal semur jengkol dimasak dalam waktu 45 menit agar bumbunya bisa meresap sempurna.

Jangan lupa, tambahkan air jika semur jengkol mulai mongering. Tak hanya semur jengkol saja yang menjadi menu andalan, ada juga resep jengkol bumbu merah. Jengkol bumbu merah memiliki aroma dan rasa yang khas, membuat semua orang ingin mencobanya, berikut resepnya:

Waktu: 45 Menit Sajian: 8 Porsi Bahan: 8 butir telur bebek, rebus, kupas 250 gram jengkol, rebus, lalu digeprek 1 sendok teh garam 50 ml air 2 buah tomat, potong potong 2 sendok teh kecap manis 1 1/2 sendok teh garam 1/2 sendok teh gula pasir 500 ml air 2 sendok makan minyak, untuk menumis

Bumbu Halus: 1/2 sendok teh terasi, bakar 6 buah cabai merah besar 7 buah cabai merah keriting 4 siung bawang putih 8 butir bawang merah 1 batang serai 1 cm jahe Cara Membuat Jengkol Bumbu Merah: Lumuri telur dengan larutan garam dan air. Diamkan 5 menit.

Goreng telur yang sudah dilumuri dengan larutan garam sampai kecokelatan dan berkulit. Tumis bumbu halus sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk sampai tomat layu. Tambahkan telur dan jengkol. Aduk rata.

Tambahkan kecap, garam dan gula. Aduk rata. Tuang air. Masak di atas api kecil sampai kuah mengental. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *