Bau Busuk Menyengat, Yana Ditemukan Telah Meninggal dan Membusuk di Jatinegara

Yana Savoyna Tjong (68) ditemukan tergeletak tak bernyawa di kediamannya, RT 07/10, Kelurahan CipinangCempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (5/1/2020). Warga menemukan jasad Yana sekira pukul 14.30 WIB. Penemuan mayat Yana diawali rasa curiga warga karena sejak terakhir ditemui pada Kamis (2/1/2020) tak kunjung terlihat.

"Terakhir terlihat siang tanggal 2 pas lagi nyapu depan rumah. Habis itu enggak terlihat lagi sampai tadi ditemuin warga," kata Ketua RT 07 Hasbullah di , Minggu (5/1/2020). Saat ditemukan, jasad Yana sudah terbujur di ruang kamar dan mengalami pembusukan sehingga menimbulkan bau tak sedap. Bau tak sedap tersebut menurut Hasbullah sudah menyesap hidung warga sebelum pintu rumah Yana dibuka.

"Kita sudah mau lapor polisi sebelum pintu rumah warga dibuka. Cuman karena belum yakin kalau meninggal makannya kita masuk dulu," ujarnya. Usai memastikan jasad Yana, Hasbullah bergegas melapor ke Unit Reskrim Polsek Jatinegara dan menghubungi Dinas Kehutanan meminta ambulans. Hingga berita ditulis belum diketahui pasti penyebab kematian Yana karena Tim Identifikasi masih melakukan olah TKP.

"Dia memang tinggal sendiri, sudah lama tinggal di sini. Pihak keluarganya sudah dihubungi. Kalau penyebab kematiannya apa belum tahu, masih dicek polisi," tuturnya. Warga RT 07/RW 10 Kelurahan , Yana Savoyna Tjong (68) yang ditemukan tewas di kediamannya diduga meninggal karena sakit. Kasat Reskrim Polres Metro AKBP Hery Purnomo mengatakan hasil pemeriksaan Tim Identifikasi tak mendapati luka pada jasad Yana.

"Hasil pemeriksaan pada tubuh korban tidak ditemukan tanda tanda kekerasan, diduga meninggal karena sakit," kata Hery di Jatinegara, , Minggu (5/1/2020). Dugaan Yana meninggal karena sakit didasari keterangan warga dan pihak keluarga yang disampaikan ke Unit Reskrim Polsek Jatinegara. Hery menuturkan saat terakhir terlihat pada Kamis (2/1/2020), Yana sempat mengeluhkan kakinya bengkak karena penyakit diabetes yang diidap.

"Korban sempat mengeluh kakinya bengkak karena penyakit gula. Tapi untuk penyebab pasti kematian menunggu hasil pemeriksaan dokter," ujarnya. Ketua RT 07 Hasbullah membenarkan bila Yana yang kini tinggal seorang diri sempat mengeluh sakit kepada warga sekitar. Keluhan bahwa kakinya bengkak sehingga sulit berjalan disampaikan Yana saat menyapu halaman rumah pada Kamis siang.

"Iya, memang sempat cerita kalau kakinya bengkak. Pas ditemuin warga juga dalam posisi tidur di kasur, mungkin meninggal pas lagi tidur," tutur Hasbullah. Sebelum dievakuasi ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), Unit Reskrim dan Tim Identifikasi sempat melakukan olah TKP. Proses olah TKP itu jadi tontonan warga RW 07 yang tetap bertahan di kediaman Yana meski harus menahan bau tak sedap karena jasad .

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *