Barcelona Terpaksa Tumbalkan Tiga Pemain demi Daratkan Miralem Pjanic ke Camp Nou

Isu kepindahan Miralem Pjanic dari Juventus ke Barcelona menjadi salah satu saga transfer yang paling banyak dibicarakan pada minggu ini. Pjanic dikabarkan telah sepakat untuk bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas nanti. Kedatangan Pjanic tentu secara tidak langsung akan memperkuat lini tengah Barcelona pada musim depan.

Apalagi, pemain kelahiran Bosnia tersebut memiliki kualitas mumpuni sebagai seorang gelandang tengah. Akurasi umpan, ketenangan bermain, hingga keahlian mengeksekusi bola mati jadi keunggulan seorang Pjanic. Dikutip dari , Barcelona dikabarkan tidak memiliki uang tunai untuk mengamankan tanda tangan Pjanic.

Kondisi tersebut dikarenakan gejolak ekonomi yang tengah melanda beberapa klub klub dunia akibat pandemi virus corona. Salah satu opsi yang bisa diambil klub dalam situasi kurang menguntungkan seperti ini adalah sistem barter. Barcelona disebut sebut telah siap mengorbankan tiga pemain demi mendaratkan Pjanic ke Camp Nou.

Tiga pemain yang kemungkinan akan menjadi tumbal kepindahan Pjanic antara lain Arthur Melo, Nelson Semedo, dan Jean Clair Todibo. Nama pertama tentu cukup mengejutkan mengingat Arthur Melo sendiri merupakan salah satu pemain yang kerap menghiasi starting utama tim Catalan. Semenjak didatangkan pada bursa transfer musim panas 2018, Arthur Melo diharapkan mampu meneruskan perjuangan Andreas Iniesta.

Pada musim ini, pemain berdarah Brasil tersebut telah tampil sebanyak 23 laga bersama Barcelona. Torehan empat gol dan empat assist menjadi catatan kontribusi Arthur pada musim ini. Apalagi usia Arthur yang masih 23 tahun dianggap cukup potensial bagi Barcelona pada masa mendatang.

Sementara itu, Nelson Semedo yang didatangkan tiga tahun silam rencananya diproyeksikan untuk menggantikan posisi yang ditinggalkan Daniel Alves. Nelson Semedo dipinang oleh Barcelona dengan banderol 26,5 juta poundsterling dari Benfica. Dia masih mempunyai durasi kontrak dua tahun bersama Barcelona pada saat ini.

Hanya saja, ia kerap hanya menjadi penghangat bangku cadangan saja akhir akhir ini. Keadaan tersebut membuat masa depan Semedo bersama Barcelona terlihat masih abu abu. Hal itulah yang membuat Barcelona memasukan namanya untuk memuluskan merekrut Pjanic.

Nasib sama juga dialami oleh bek muda Barcelona, Jean Clair Todibo. Todibo dinilai masih belum cukup untuk menggantikan posisi Gerard Pique atau Clement Lenglet di jantung pertahanan Barcelona. Tiga pemain itulah yang akan menjadi tumbal kepindahan Pjanic ke tim Catalan.

Di sisi lain, sejak didatangkan 2016 lalu, Pjanic sebenarnya menjadi salah satu pilar tak tergantikan di lini tengah Juventus. Total Pjanic sudah bermain sebanyak 167 laga dengan 22 gol serta 36 assist. Musim ini sendiri, Pjanic masih menjadi salah satu andalan Juventus di lini tengah.

Namun, usianya yang telah menginjak 30 tahun membuat Juventus ingin meregenerasi para pemainnya. Walaupun demikian, Pjanic dipandang masih memiliki kualitas mumpuni yang dibutuhkan untuk memperkuat lini tengah Barcelona. Pjanic diyakini akan membuat lini tengah Barcelona lebih menggigit setelah beberapa tahun terakhir terlihat stagnan.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *