Bahas TC Timnas Indonesia Akan Gelar Pertemuan Bersama Tim Pelatih Indra Sjafri Dirtek PSSI

Direktur Teknis PSSI, Indra Sjafri, mengatakan bakal mengadakan rapat bersama tim pelatih untuk membahas pemusatan latihan atau Training Center(TC) timnas Indonesia. Beberapa kategori timnas Indonesia telah menjalankan TC dan latihan secara virtual untuk tetap menjaga kondisi kebugaran pemain. Timnas U 19 Indonesia yang di bawah arahan Shin Tae yong tengah menjalani TC virtual sejak 14 Mei 2020 hingga sekarang.

Begitu juga timnas U 16 Indonesia yang menjalani latihan virtual dan masih diberi program latihan oleh pelatih Bima Sakti untuk menjaga kondisi pemain. Berbeda dengan timnas senior yang mana jadwal untuk kompetisi kualifikasi Piala Dunia 2022, yang sempat diundur itu baru resmi dikeluarkan oleh AFC, Jumat (5/6/2020) lalu. Dengan adanya jadwal baru itu pun, timnas senior segera dipersiapkan untuk menjalani TC secepatnya.

Akan tetapi, untuk bisa menjalani TC tersebut, tentu banyak protokol yang harus dipersiapkan oleh PSSI. Sebelumnya, kepada BolaSport.com, Pelaksana Tugas (Plt) Sekertaris Jendral (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, mengatakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berharap timnas bisa segera kumpul dan latihan di Jakarta. Untuk mewujudkan itu, PSSI masih menunggu arahan dari pemerintah. Tapi Indra Sjafri mengaku segera melakukan rapat untuk kesiapan timnas Indonesia.

Mantan pelatih timnas U 23 Indonesia itu mengatakan bakal melakukan rapat bersama tim pelatih terlebih dahulu sambil menunggu keputusan pemerintah. “Kami akan meeting dulu dengan tim pelatih, sambil menunggu tim kesehatan kami berkoordinasi dengan Pemerintah dalam hal ini Departemen Kesehatan dan Kemenpora buat status Covid apa sudah memungkinkan buat TC,” kata Indra Sjafri kepada BolaSport.com. Selain itu, mengenai protokol kesehatan tentu saja sudah disiapkan oleh PSSI bersama dengan tim kesehatan negara.

Tak tanya untuk klub klub yang kabarnya bakal menjalani kompetisi kembali. Tetapi protokol kesehatan juga dipersiapkan untuk timnas. “Protokol kesehatan sudah disiapkan dan dibahas oleh Tim Kesehatan PSSI dan Depkes RI,” ucapnya. Dengan adanya pandemi virus corona (Covid 19) ini memang berbagai bidang tengah kesulitan, bahkan untuk bidang sepak bola.

Apalagi untuk timnas yang sudah memiliki jadwal pertandingan nantinya. Tentu saja perlu banyak hal yang harus dipersiapkan. “Kondisi kan sedang tidak normal ya. Jadi tunggu keputusan Pemerintah sudah boleh apa belum, oleh sebab itu Tim kesehatan PSSI lagi minta arahan dari Depkes RI,” tutur Indra. Sementara untuk timnas U 19 Indonesia tengah dipersiapkan menghadapi Piala Asia U 19 2020 pada 14 31 Oktober di Uzbekistan.

Untuk timnas U 16 Indonesia tengah mempersiapkan diri ke Piala Asia U 16 yang rencananya digelar 16 September 3 Oktober 2020 di Bahrain. Sementara untuk timnas senior bakal tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, yang rencananya digelar 8 Oktober hingga 12 November 2022.

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *